Musi Rawas, Sumsel (ANTARA News) - Menteri Pertanian Anton Apriyantono Minggu (2/8) akan berkunjung ke Kebupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan menyaksikan panen raya perdana padi organik di lahan binaan PT Medco E&P.

"Sebelumnya kita mendapat konfirmasi dari pihak PT Medco E&P, bahwa yang akan datang ke Musi Rawas adalah pimpinan PT Medco Arifin Panigoro bersama mantan menteri/Ka. Bulog masa pemerintahan orde baru Bustanil Arifin, terakhir kami dapat kabar Menteri Pertanian Anton Apriyantono juga akan datang," kata Kabag Protokol Pemkab Musi Rawas, Ari Narsa, Jumat.

Dikatakannya, kedatangan Arifin Panigoro dan Bustanul Arifin ke daerah itu memenuhi undangan Bupati Musi Rawas H Ridwan Mukti dan juga akan melakukan panen raya padi organik di lahan seluas 15 hektare tepatnya di Desa SP-V Desa Suka Makmur, Kecamatan BTS Ulu yang selama ini menjadi binaan PT Medco.

Selain melakukan panen perdana, rencananya Arifin Panigoro juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar lokasi pertambang PT Medco di Kecamatan BTS Ulu, berupa ruang kelas belajar (RKB), dan tiga unit rumah untuk Suku Anak Dalam (SAD) di Kecamatan Muara Lakitan.

"Desa Suka Makmur menjadi lahan binaan PT Medco, dan desa merupakan satu-satunya desa yang berhasil mereka bina dibidang pertanian dengan menggunakan pupuk organik. Lahan seluas 15 hektare tersebut dikelola oleh warga dengan pembiayaan dan bibit dari perusahaan," jelasnya.

Desa tersebut saat ini menjadi pusat perhatian sejumlah peneliti bidang pertanian, karena daerah itu bibit unggul padi organik merek Sri yang sebelumnya uji coba Jawa hanya dapat tumbuh dan berbuah dalam waktu 110 hari, sedangkan di Kabupaten Musi Rawas bisa tumbuh subur dan masa panen selama 90 hari.

Keberhasilan dalam pengembangan padi organik tersebut, kata dia telah menarik perhatian sejumlah peneliti bidang pertanian, karena tanaman ini dikembangkan di Jawa baru bisa dipanen selama 110 hari, sedangkan di Desa Bumi Makmur cuma 90 hari sudah bisa panen.

Mungkin hal ini yang menjadi daya tarik kedatangan pimpinan PT Medco, Arifin Panigoro bersama menteri pertanian dan mantan menteri bulog.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009