Seoul (ANTARA News/Yonhap-OANA) - Utusan nuklir Korea Selatan dan Amerika Serikat akan bertemu di Hawaii pekan depan untuk tukar pandangan mengenai kemacetan diplomatik dengan Korea Utara, di sela-sela satu seminar internasional, kata Kementerian Luar Negeri Seoul Sabtu.

Wi Sung-Lac, perunding terkemuka Korea Selatan pada perundingan enam negara mengenai perlucutan nuklir Korea Utara, dan Sung Kim, utusan khusus AS untuk perundingan itu, akan mengadakan pembicaraan tak resmi mengenai Korea Utara, sementara mereka menghadiri seminar dua hari yang bersifat tertutup, yang dimulai Selasa.

Pertemuan mereka akan menindak-lanjuti Forum Regional ASEAN, suatu pertemuan keamanan yang dihadiri para menteri luar negeri di Thailand bulan lalu, kata Kemlu Korea Selatan.

Seoul juga berusaha mengadakan satu pertemuan antara Wi dan Stephen Bosworth, wakil khusus AS mengenai kebijakan Korea Utara, yang juga akan menghadiri seminar yang diselenggarakan oleh East-West Center, organisasi riset AS yang difokuskan pada masalah wilayah Asia Pasifik.

Jika keduanya bertemu, mereka diperkirakan akan membahas secara rinci usulan `paket menyeluruh` dari insentif untuk Korea Utara, yang akan membongkar program nuklir negara komunis itu, kata pembantu Wi belum lama ini.

Seminar di Hawaii itu juga akan dihadiri oleh Keith Luse, anggota senior staf profesional pada Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Frank Jannuzi, spesialis senior Asia Timur pada Komite Hubungan Luar Negeri, James Kelly, mantan asisten menlu yang menangani perundingan dengan Korea Utara; dan Marcus Noland, periset senior pada Lembaga Peterson untuk Ekonomi Internasional.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009