Jakarta (ANTARA News) - Pejudo putri Indonesia, Yuliati berhasil mempersembahkan medali perak bagi kontingen Indonesia di ajang Asian Martial Arts Games (AMAG) yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Minggu (2/8).

Atlet asal Jawa Timur yang tampil di kelas -52 kilogram itu di final kalah dari atlet Kazakhstan, Mingazova dengan nilai ippon, demikian informasi yang diterima dari manajer tim judo Indonesia, Kol. Zaedun, Minggu malam.

Diungkapkannya, setelah pada babak pertama mendapat bye, Yuliati di babak kedua kemudian mengalahkan atlet Filipina, Helen Dawa dengan nilai waza-ari.

Kemudian di babak ketiga dalam perebutan juara pool, ia kembali memetik kemenangan atas Sayarath (Laos) dengan nilai ippon sehingga lolos ke final. Namun di final dia harus mengakui keunggulan Mingazova.

Pada hari pertama pertandingan cabang judo, atlet Indonesia lainnya Teni Anggraeni yang tampil di kelas -63 kilogram juga mendapat bye pada babak pertama.

Ia kemudian menang atas Seneta Van (Laos) dengan nilai ippon, namun di babak ketiga tak mampu menghadang keperkasaan atlet Jepang, Kozawa, juga dengan nilai ippon.

"Dalam perebutan medali perunggu, Teni pun kandas di tangan Yea-on Yulaluk dari Thailand sehingga dia gagal meraih perunggu. Namun demikian dia berhasil menempati peringkat 5 Asia. Ni Kadek Ani Pandini juga masuk peringkat 5 Asia di kelas -57 kilogram," ujar Zaedun.

Sementara atlet putra yang telah bertanding, Peter Taslim yang tampil di kelas -66 kilogram harus puas menempati peringkat 7 Asia.

Demikian pula dengan Johanes Taslim (-81 kilogram). Atlet asal Sumatera Selatan ini dihentikan Jhon Bylon dari Filipina yang merupakan lawannya di SEA Games 2007 karena hukuman 2 sido.

Jimmy Anggoro (-73 kilogram) juga dihentikan Rhama Srei dari India dengan teknik kecikan.

Sementara Kresna Bayu (-100 kilogram) dan Indah Setiawati (-70 kilogram) baru akan bertanding pada Senin (3/8).

Dari lima cabang yang diikuti Indonesia pada Asian Martial Arts Games 2009, cabang judo mengirimkan delapan atlet, terdiri atas empat putra dan empat putri. Empat cabang lainnya adalah taekwondo, pencaksilat, karate dan wushu.

AMAG yang baru pertama kali digelar ini akan berlangsung hingga 9 Agustus mendatang.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009