Saat ini kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (17/5/2020), mulai dari Pegawai BUMN di bawah 45 tahun diminta berkantor sesuai PSBB setempat hingga Bank Mandiri terapkan protokol COVID-19 sambut "The New Normal"..

Berikut adalah lima berita ekonomi yang masih layak untuk disimak.

1. Pegawai BUMN di bawah 45 tahun diminta berkantor sesuai PSBB setempat

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyampaikan bahwa tahapan pemulihan kegiatan di lingkungan BUMN yang dimulai pada 25 Mei 2020 bagi pegawai usia di bawah 45 tahun tetap mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) wilayah setempat.

"Perlu diketahui bahwa mengenai tanggal-tanggal itu sesuai dengan PSBB suatu wilayah, kalau di wilayah tersebut masih PSBB, kita akan mematuhinya. Misalnya, PSBB bahwa karyawan tak boleh bekerja maka kita akan mematuhi," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

2. KAI siapkan protokol antisipasi skenario "the new normal"

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersiap untuk menyambut skenario The New Normal di lingkungan KAI sebagai tindak lanjut arahan Menteri BUMN melalui surat dengan nomor S-336/MBU/05/2020 pada 15 Mei 2020 perihal Antisipasi Skenario The New Normal BUMN.

“Saat ini kami sedang mempersiapkan protokol untuk mengantisipasi skenario penerapan The New Normal di KAI," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Baca juga: AP I siapkan pedoman kesehatan di situasi "new normal"

Simak berita lengkapnya di sini

3. Erick minta BUMN antisipasi skenario "the new normal"

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta perusahaan negara untuk antisipasi skenario "the new normal" di lingkungan BUMN.

"Dibutuhkan kontribusi seluruh elemen bangsa termasuk di dalamnya BUMN untuk mendukung Iangkah-langkah strategis pemerintah dalam
menanggulangi pandemi COVID-19," papar Erick Thohir dalam Surat Menteri BUMN Nomor: S- 336 /MBU/05/2020 yang diterima di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

Baca juga: Erick Thohir sebut pemulihan kegiatan BUMN dilakukan dalam lima fase

4. Bank Mandiri terapkan protokol COVID-19 sambut "The New Normal"

T Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menerapkan serangkaian protokol khusus yang disusun oleh unit Business Continuity Management (BCM) untuk menyambut The New Normal yang akan terjadi akibat dampak wabah COVID-19.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan protokol diterapkan untuk melindungi dan mencegah penyebaran COVID-19 bagi nasabah, mitra bisnis, pegawai, dan pemangku kepentingan lain.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Menperin dukung proyek gasifikasi batu bara jadi metanol di Indonesia

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong realisasi proyek-proyek gasifikasi batu bara di Tanah Air, termasuk rencana pembangunan coal to methanol (batu bara menjadi metanol) di Batuta Coal Industrial Park (BCIP), Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Pembangunan proyek pabrik metanol dari batu bara dengan proses gasifikasi tersebut merupakan upaya peningkatan kapasitas industri metanol di Indonesia yang kebutuhannya terus meningkat.

Simak berita lengkapnya di sini

Baca juga: Pemerintah apresiasi rencana investasi gasifikasi batubara Bakrie

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020