Liverpool, Inggris (ANTARA News/AFP) - Pemain tengah AS Roma Alberto Aquilani, Jumat, menandatangani kontrak lima tahun dengan Liverpool setelah pemain internasional Italia itu lolos dalam pemeriksaan medis klub raksasa Liga utama Inggris tersebut.

Aquilani (25) akan dibayar dengan transfer sebesar 33 juta dolar AS oleh Liverpool dan dianggap sebagai penggantian langsung tim itu atas hilangnya Xabi Alonso yang bergabung dengan Real Madrid dengan transfer 30 juta pound pada awal pekan ini.

"Klub Liverpool mengkonfirmasi malam ini bahwa Alberto Aquilani telah menyelesaikan pemeriksaan medis dan menyetujui suatu kontrak lima-tahun dengan klub itu," demikian bunyi suatu pernyataan Liverpool.

"Pemain itu sekarang akan melanjutkan rehabilitasinya dari operasi pergelangan kaki di bawah pengawasan tim medis Liverpool dan diperkirakan akan pulih sepenuhnya dalam jangka waktu kira-kira 4-8 pekan."

Aquilani diperkirakan mulai berada di Anfield Sabtu ini, tempat tim barunya itu akan berhadapan dengan Atletico Madrid dalam pertandingan persahabatan pra-musim klub itu menjelang awal musim 2009-2010 Liga Utama Inggris (Liga Premier) pada akhir pekan mendatang.

Aquilani, yang telah bermain dalam sebelas pertandingan internasional bersama timnas Italia, akan memperoleh penghasilan seperti diberitakan kira-kira 80.000 pound seminggu.

Ia hanya bermain sebanyak 14 kali di liga pada musim lalu dan menjalani operasi pada pergelangan kaki kanannya pada Mei lalu.

"Alberto adalah seorang pemain yang sangat baik dan saya senang kami telah mencapai persetujuan dengan Roma bagi transfernya ini," ujar pelatih Liverpool Rafael Benitez awal pekan ini.

"Alberto memiliki suatu mentalitas pemenang dan pengalaman besar baik di Liga Utama Italia Serie A maupun Liga Champions."

"Ia dikenal sejak lama memiliki bakat terbaik di Italia, dengan pernah menjadi kapten bagi tim negerinya di tim bawah-19 tahun dan bawah-20 tahun sebelum membuktikan dirinya sebagai pemain yang baik di tim nasional yang lebih senior." (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009