Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (19/5), mulai Mahfud MD jelaskan alasan mal dan bandara tetap boleh buka hingga Teten dorong produk UMKM pangan dibeli BUMN.

Berikut adalah lima berita ekonomi yang masih layak untuk disimak.

1. Mahfud MD jelaskan alasan mal dan bandara tetap boleh buka

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan alasan pemerintah mengizinkan mal dan bandara tetap buka semasa pandemi COVID-19.

"Misalnya kenapa masjid kok ditutup, mal kok dibuka. Saya kira yang dibuka bukan langgar hukum karena ada 11 sektor tertentu yang oleh UU boleh dibuka, oleh protokol," kata Mahfud dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta,

Simak berita lengkapnya di sini

2. Antisipasi normal baru, AP II siapkan pemeriksaan dokumen digital

PT Angkasa Pura II menyiapkan pemeriksaan dokumen secara digital di bandara untuk mengantisipasi skenario kehidupan normal baru pascapandemi COVID-19.

"Saat ini penumpang datang ke bandara untuk kemudian dilakukan pengecekan secara manual oleh petugas. Kami tengah menyiapkan supaya ke depannya seluruh dokumen yang dipersyaratkan bisa diunggah ke aplikasi Indonesia Airports," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Jakarta.

Simak berita lengkapnya di sini

3. BNI catatkan pertumbuhan laba 4,3 persen di tengah pandemi

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk masih mencatatkan pertumbuhan laba 4,3 persen (yoy) pada kuartal I-2020 menjadi Rp4,25 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp4,08 triliun di tengah pandemi COVID-19.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI Putrama Wahju Setiawan di Jakarta, Selasa, mengatakan, kuartal I-2020 dapat dilewati dengan penuh tantangan oleh perseroan. Pandemi COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia pada awal Maret 2020 tidak hanya menekan sektor kesehatan masyarakat, tapi juga memperlambat pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Simak berita lengkapnya di sini

4. Indonesia dinilai berpotensi pimpin ekonomi syariah global

Indonesia dinilai berpotensi untuk menjadi pemimpin ekonomi syariah global, dengan jumlah populasi Muslim yang merupakan salah satu terbesar di dunia.

Selain itu, menurut President Director Prudential Indonesia Jens Reisch di Jakarta, Selasa, juga didukung oleh kesamaan beberapa nilai syariah dengan nilai kehidupan budaya orang Indonesia.

Simak berita lengkapnya di sini

5. Teten dorong produk UMKM pangan dibeli BUMN

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mendorong agar produk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya pangan seperti pertanian dan perikanan dibeli Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar sektor ini bisa bertahan dari tantangan pandemi COVID-19.

“Ini sudah diputuskan akan dibeli BUMN pangan, mereka akan menjadi off taker misalnya produk nelayan dan peternak ayam mandiri karena daging ayam dan ikan bisa dibekukan,” katanya dalam diskusi Infobank secara virtual di Jakarta,

Simak berita lengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020