Persiapan masak menu Lebaran, agar ayam kampung tak bau amis

Persiapan masak menu Lebaran, agar ayam kampung tak bau amis

Ilustrasi ayam (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Menu ayam untuk hidangan di hari Lebaran bisa menjadi pilihan sebagian dari Anda dan beberapa di antara Anda mungkin ingin memilih ayam kampung. Namun, Anda masih kesulitan mengolah terutama karena bau amisnya tak bisa hilang?

Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resorts, Bahran memiliki tips khusus untuk Anda.

"Pertama ayam kampung harus dicuci bersih dengan garam, atau dicuci dengan kunyit bubuk untuk menghilangkan bau amis yang ada di daging ayam kampung," tutur dia dalam diskusi via daring, Rabu.

Kemudian, sebelum dimasak daging ayam kampung harus direbus selama 5 menit dulu untuk menghilangkan darah dan kotoran yang menempel di daging ayam kampung. Setelahnya silahkan Anda mengolah daging sesuai keinginan, misalnya Sayur Godog Lebaran yang seperti namanya mengusung bahan utama sayur dan bisa menjadi pilihan teman ketupat Lebaran.

Bahran mengatakan, perayaan Lebaran identik dengan hidangan ketupat yang disajikan dengan opor atau gulai sapi ataupun gulai kambing. Namun, seiring berkembangnya zaman dan majunya dunia kuliner, banyak orang membuat hidangan Lebaran terutama untuk menemani hidangan dengan ketupat, seperti kuah Bugis khas makanan Sulawesi, yang berbahan dasar iga sapi.

"Terkadang juga karena Indonesia kaya dengan suku bahasa dan ciri khas setiap daerah berbeda-beda cara merayakan hari Lebaran terutama di dalam cara menghidangkan ketupat lebarannya," kata dia.



Baca juga: Menu Lebaran - Sayur Godog Lebaran ala Chef Bahran

Baca juga: Menu Lebaran - Ayam krim kari jamur dari chef Putri Miranti

Baca juga: Menu Lebaran - Bolu Ketan Hitam Kukus Anti Gagal

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar