Jakarta, 11/8 (ANTARA) - Di era bisnis global yang bergerak amat dinamis saat ini, para professional dituntut bekerja lebih keras dari biasanya. Tantangan akan waktu, tempat dan dinamisme kerja yang tinggi menjadi isu utama saat ini. Para professionalpun kini  tak lagi dituntut untuk harus duduk di kantor, tapi bisa di mana saja, dan kapan saja. Bahkan melintas batas geografis.

Dengan adanya teknologi telekomunikasi semuanyapun menjadi mungkin untuk dilakukan. Banyak cara berkomunikasi bisa dengan menggunakan telepon rumah, telepon kantor, faksimili, email, dan sebagainya. Namun, tak terasa tagihan pulsa membengkak menjadi belasan juta rupiah per bulan. PT. Medco INT Indonesia menggunakan UC (Unified Communication) yang mampu menekan budget operasional hingga 80%. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan penggabungan bermacam-macam media komunikasi seperti telepon kantor seperti PABX, VOIB, e-mail, audio video conferencing, radio HT, dan sebagainya.

Trisakti Herlambang, Senior Manager Office Information Service PT. Medco INT Indonesia mengakui  terbatasnya SDM serta luasnya wilayah kerja atau eksplorasi PT Medco membuat perusahaan selama ini kesulitan menekan anggaran terutama anggaran komunikasi serta transportasi. "Kita seringkali butuh meeting dengan daerah dan waktu yang berbeda. Kita punya komunikasi video conference, tapi itu di satu tempat saja. Kita ingin teknologi yang bisa digunakan lebih dari satu tempat."

Setelah beberapa bulan, sebagian besar pengguna melaporkan tingkat tinggi kepuasan dengan solusi Microsoft UC. Di meja yang rendah ke tingkat pertengahan karyawan, desktop ponsel yang digunakan prasarana publik telah diganti dengan headset, sedangkan tingkat manajemen atas dilengkapi dengan Microsoft Windows Mobile seperangkat dengan aplikasi Microsoft Mobile Communicator telah diinstal "Seluruh MedcoEnergi, karyawan-karyawan yang dilatih untuk menjadi fleksibel dan adaptif untuk semua jenis perubahan, itu seperti sebuah budaya," dijelaskan Trisakti. Ditambahkan, bahwa ada peningkatan sebesar 30-40 persen pengguna efektivitas.

Keunggulan lain dari Unified Communication (UC) adalah soal penanganan ekstra, dimana setiap percakapan bisa dilacak dengan teknik enkripsi yang sangat kuat. Orang lain bisa menyadap, namun tidak bisa diputar ulang.

Novi Tanjung, Unified Manajer product manager Microsoft Indonesia mengatakan UC Microsoft paling terjangkau daripada UC kompetitor. "Bagi anda kami informasikan harga software UC seharga 32 US$ untuk minimal 50 users yang berasal dari perusahaan atau korporat. Bukan hanya soal komunikasi, keuntungan utama UC adalah kemampuan utama manusia dalam proses bisnis, di kantor pelayanan public misalnya untuk pembuatan KTP atau SIM dengan UC bisa dipercepat dengan hitungan menit," katanya.

Dari tahun ke tahun  Microsoft mengembangkan inovasi terhadap produk-produknya. Di tahun 2009, Unified Communication sudah semakin lengkap.
Ini adalah era konvergensi telekomunikasi. Telepon rumah atau kantor (fixed line), ponsel, komputer, televisi bisa saling berkomunikasi dan saling menggantikan fungsi perangkat yang lain. Ponsel bisa berfungsi sebagai komputer, perangkat komputer bisa menggantikan fungsi televisi dan telepon, dan perangkat telepon bisa menjadi terminal komputer dan sebagainya.

Secara umum dampak perekonomian dari UC berdasarkan hasil studi forester pada 2007 lalu, terdapat 4000 karyawan di suatu perusahaan menghasilkan return on investment yang meningkat hingga 500% lebih disertai peningkatan produktivitas kerja.

    



Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009