Hyderabad, India (ANTARA News) - Tunggal ketiga Indonesia, Simon Santoso, tampil kurang greget dan menyakinkan meskipun ia lolos ke babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 di Gachibowli Indoor Stadium Hyderabad, India, Rabu.

Tampil setelah dua rekannya, Sony Dwi Kuncoro dan Taufik Hidayat, Simon Santoso harus bermain tiga set untuk menghentikan pemain nonunggulan asal Singapura, Zi Liang Derek Wong, dengan skor 21-13, 19-21, 21-16.

Setelah menang mudah pada game pertama, unggulan ke-13 ini tidak mampu mempertahankan konsistensi permainannya dan lebih banyak tertekan. Bahkan, sempat tertinggal 16-20 dan hanya mampu menipiskan kekalahan pada set kedua dengan 19-21.

"Saya sedikit kehilangan kontrol di set kedua, dan beberapa kali melakukan kesalahan. Masalah angin juga sedikit mengganggu permainan, selain lawan yang permainannya cukup ulet," kata Simon yang kembali bangkit dan menekan lawannya pada game ketiga.

Pada babak ketiga, Kamis (13/8), pebulu tangkis peringkat 16 dunia itu akan menghadapi salah satu wakil Jepang, Kenichi Tago.

Di babak awal, Tago membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan ke-7 asal Denmark, Joachim Persson, dan hari ini mengalahkan Marc Zwiebler dari Jerman 21-15, 21-11.

"Saya harus lebih konsentrasi dan mengontrol emosi," tambah Simon yang merasa optimistis bisa mengatasi Tago untuk menuju perempat final.

Sementara itu, pebulu tangkis tunggal putri Maria Kristin Yulianti juga meraih kemenangan keduanya saat mengalahkan Lianne Tan asal Belgia dengan "straight set" 21-11, 21-11.

Namun, langkah Kristin untuk menembus perempat final cukup berat karena harus mampu melewati hadangan unggulan ke-8 asal Prancis, Pi Hongyan, terlebih dahulu.

"Yang jelas, permainan saya hari ini sudah makin bagus dibanding kemarin. Saya akan berjuang mengimbangi Pi Hongyan dan mudah-mudahan bisa menang," kata Kristin.

Unggulan

Sementara itu, unggulan teratas tunggal putri Zhou Mi dan tunggal putra Lee Chong Wei, terus menebar ancaman terhadap lawan-lawannya, saat melenggang mulus ke babak ketiga.

Zhou Mi asal Hong Kong membekuk Michelle Chan Ky (Selandia Baru) 21-11, 21-11, sementara Lee Chong Wei memberi pelajaran bagi juara Afrika, Ola Fagbemi asal Nigeria dengan skor 21-11, 21-14.

"Kondisi saya masih kelelahan karena baru datang dari Nigeria jam lima pagi tadi. Namun, bukan itu masalahnya, karena lawan memang bermain lebih baik," kata Fagbemi usai pertandingan.

Pemain unggulan lain yang memastikan lolos babak ketiga, antara lain seeded ke-3, Peter Gade dari Denmark, unggulan ke-6 Saina Nehwal (India), Wang Chen (Hong Kong x9), dan pasangan ganda putra Jung Jae Sung/Lee Yong Dae (Korea x4).

Juara Indonesia Super Series yang harapan tuan rumah Saina Nehwal yang sebelumnya mendapat bye, tampil menyakinkan di depan publik sendiri dengan kemenangan 21-10, 21-17 atas Anastasia Prokopenko (Rusia).

Unggulan ke-4 asal China, Wang Yihan, masih terlalu tangguh bagi lawannya Susan Egelstaff (Skotlandia) dan menang 21-13, 21-16, untuk menghadapi seeded ke-11, Juliane Schenk (Jerman) di babak selanjutnya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009