Chicago (ANTARA News/Reuters/AFP) - Penyerang timnas Amerika Serikat Landon Donovan tengah dikarantina untuk menjalani perawatan karena positif menderita flu babi, sementara rekan-rekan satu timnya menjalani perlakuan serupa sebagai suatu upaya pencegahan, demikian Federasi Sepak Bola AS, Jumat.

Menurut federasi itu, Donovan menderita penyakit yang hampir bisa dipastikan sebagai virus flu babi (H1N1), bersama anggota lain tim di klubnya L.A. Galaxy sebelum perjalanan tim AS ke Kota Meksiko bagi pertandingan kualifikasi Piala Dunia hari Rabu yang akhirnya dimenangkan Meksiko 2-1.

"Sebagai tindakan pencegahan, semua anggota delegasi tim AS yang berdekatan dengan Donovan sudah dianjurkan untuk mengantisipasi dengan Tamiflu," demikian pernyataan itu.

Para pemain itu tidak perlu dikarantina jika mereka tidak memiliki gejala-gejala virus itu, tambah federasi itu seraya menjelaskan petunjuk dari Pusat Kontrol Penyakit (Centers for Disease Control) di Amerika Serikat.

Donovan diperiksa Kamis, sehari setelah pulang dari Kota Meksiko, dan David Wallis, seorang dokter yang tergabung dalam staf medis tim AS, memastikan dia menderita gejala ringan flu babi dan bisa pulih dalam beberapa hari dan kemungkinan bisa bermain lagi bagi Los Angeles Galaxy dalam pertandingan liga utama Amerika Major League Soccer (MLS) pada Sabtu melawan tim tamu Seattle.

"Itu semua benar-benar tergantung bagaimana keadaan Landon dan apa yang dokter beritahukan kepada saya. Ia kemungkinan menjadi opsi, tergantung seberapa cepat kesehatannya pulih," ujar pelatih Galaxy Bruce Arena

Pemain tengah Inggris David Beckham, yang dikecam Donovan dalam sebuah buku yang diterbitkan bulan lalu, juga tidak mengikuti sesi latihan di klubnya itu setelah dipanggil ke timnas Inggris dalam pertandingan persahabatan melawan Belanda.

Donovan, yang mencetak sembilan gol musim ini bagi Galaxy, sudah sakit sejak bergabung dengan skuad AS hari Minggu lalu di Florida menjelang pertandingan melawan Meksiko namun tidak ada bahaya penularan, ujar Arena.

Arena mengatakan Donovan diperkirakan tertular flu babi dari dua staf Galaxy yang juga terjangkit penyakit itu. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009