Jakarta (ANTARA News) - Ribuan aparat keamanan melakukan sterilisasi area di sekitar Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, menjelang upacara peringatan HUT ke-64 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin.

Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya dibantu Kepolisian Resort Metro (Polrestro) Jakarta Pusat dan Kepolisian Sektor (Polsek) mengatur arus lalu lintas di sekitar Istana Presiden sehingga area itu bebas dari lalu lintas masyarakat umum.

Sejumlah ruas jalan menuju Istana Presiden seperti Jalan Medan Merdeka Timur dan Barat ditutup sejak pukul 05.30 WIB dan arus lalu lintas dialihkan sementara ke jalur lain hingga upacara selesai.

Selain petugas kepolisian, aparat keamanan dari unsur TNI juga dikerahkan untuk menjaga pengamanan di ring III Istana Presiden.

TNI Angkatan Darat mengerahkan sebanyak 15 satuan dari Brigif dan Resimen I Falidan untuk menjaga pengamanan di ring III menuju Istana Kepresidenan.

Sejumlah petugas menggunakan baret coklat berjaga-jaga hampir setiap lima meter di sisi jalan dengan dilengkapi senjata laras panjang.

Sementara itu, ruas jalan yang mengakses ke pusat perkantoran pemerintahan di Jakarta Pusat seperti Veteran, Hayam Wuruk, Juanda dan Terusan Gunung Sahari terlihat lancar.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan memimpin upacara kenegaraan memperingati detik-detik Poklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009