Brisbane (ANTARA News) - Upacara penaikan bendera Merah Putih memperingati 64 tahun kemerdekaan RI di Konsulat RI Darwin, Senin, dihadiri tiga ratusan orang, termasuk Administratur Negara Bagian Northern Territory (NT), Tom Pauling.

Acara itu juga dihadiri Komandan Komando Utara (Norcom), David Gwyther, dan sekitar 80 pelajar Australia di Darwin.

Konsul RI di Darwin, Harbangan Napitupulu, mengatakan, kehadiran sejumlah pejabat sipil dan militer NT bersama ratusan warga Indonesia itu menambah bobot upacara tersebut, terlebih lagi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" diiringi grup musik pelajar SMA Darwin.

"Kita menyelenggarakan upacara penaikan bendera sekitar pukul 10.00, dan pada 11.30 siangnya kita lanjutkan dengan acara resepsi diplomatik. Kebetulan HUT RI ke-64 jatuh pada hari kerja di Australia," katanya.

Di samping diikuti Administratur NT Tom Pauling dan sejumlah pejabat sipil dan militer NT, upacara bendera itu juga dihadiri konsul kehormatan Portugal, keluarga besar Konsulat RI Darwin dan ratusan warga Indonesia.

Seusai upacara bendera, para peserta upacara dan tamu mengikuti acara resepsi diplomatik. Dalam acara yang diikuti konsul kehormatan Portugal dan Yunani serta enam puluhan orang pejabat, politisi, akademisi, dan pengusaha Australia di Darwin itu, Napitupulu melakukan tos gelas minum dengan Administratur NT Tom Pauling, katanya.

Ia menekankan bahwa di usia ke-64 tahun, bangsa Indonesia terus berjuang untuk menjadikan Indonesia "negara yang mandiri dan demokratis".

Di antara para pejabat, politisi dan tokoh masyarakat sipil NT yang hadir di acara resepsi diplomatik HUT RI ke-64 itu adalah Wakil Menteri Kepala NT, Delia Phoebe Lawrie, Pemimpin Oposisi NT, Terry Mills, Rektor Universitas Charles Darwin, Prof.Barney Glover, dan Pengacara kenamaan NT, Collins McDonald.

Sebagai rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-64 itu, Organisasi Kemasyarakatan Indonesia di Darwin, Flobamora, menggelar acara "Pesona Indonesia" pada 15 Agustus lalu di panggung Kebun Raya Darwin.

Acara yang didukung Konsulat RI Darwin, Garuda Indonesia, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, serta Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat itu menampilkan grup band "NTT Voice", Grup Tari Sasak Lombok, Artis Dangdut Camelia Lubis, serta kelompok musik Kolintang dan Gamelan Konsulat RI Darwin.

"Sekitar tiga ribu orang hadir di acara `Pesona Indonesia` kita itu. Luar biasa sambutan penonton," kata Napitupulu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009