Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengingatkan warga untuk tidak berwisata selama masa pandemi agar tidak tertular COVID-19.

"Kita masih dalam upaya pengendalian pandemi COVID-19. Jangan berwisata dulu karena bisa menambah klaster baru penyebaran virus," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan hal itu terkait kebiasaan warga yang berbondong-bondong mengunjungi objek wisata bersama keluarga pada libur Lebaran Idul Fitri.

Baca juga: Dua belas pasien di Sumbar sembuh dari COVID-19

Baca juga: Gugus Tugas: OTG COVID-19 di Pasaman Barat-Sumbar meningkat


Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dinilai cukup efektif menekan jumlah perantau yang mudik ke kampung halaman karena adanya pembatasan pergerakan transportasi umum dan penutupan pintu perbatasan.

PSBB tahap I diterapkan 22 April sampai 5 Mei 2020, kemudian diperpanjang pada tahap II hingga 29 Mei 2020. Dalam rentang itu, ada ribuan kendaraan yang ditolak masuk ke Sumbar dan terpaksa putar balik.

Namun, sebelum penerapan PSBB, Pemprov Sumbar mendata setidaknya ada 120 ribu orang yang telah lebih dulu pulang kampung. Karena itu tetap ada kemungkinan warga akan berwisata, memenuhi objek-objek populer di berbagai daerah.

Irwan mengimbau bupati dan wali kota untuk melanjutkan kebijakan menutup tempat wisata setidaknya hingga 29 Mei 2020 agar tidak ada yang berwisata.

Hingga saat ini terdata 478 warga Sumbar positif terinfeksi COVID-19. Angka itu hampir memenuhi kapasitas tempat tidur di Rumah Sakit (RS) yang disiagakan, yaitu 500 unit pada masa darurat.

Baca juga: Peningkatan kasus positif COVID-19 di Sumbar pertanda baik, sebut ahli

Baca juga: Ahli Epidemiologi ungkap delapan kluster penularan COVID-19 di Sumbar


Kepatuhan dan kedisiplinan warga akan sangat mempengaruhi upaya pemutusan penyebaran COVID-19 di provinsi tersebut. Namun, menjelang Lebaran kepatuhan itu mulai "kendor". Banyak kerumunan terjadi, terutama pada titik-titik yang menjual kebutuhan Lebaran.

Dikhawatirkan jumlah warga Sumbar yang terinfeksi akan melonjak setelah Lebaran 1441 hijriah karena ketidakpatuhan pada protokol kesehatan terkait COVID-19 tersebut.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020