Sepi penumpang, angkutan dalam kota di Banjarmasin pun tak beroperasi

Sepi penumpang, angkutan dalam kota di Banjarmasin pun tak beroperasi

Suasana Terminal Induk KM-6 Banjarmasin terlihat sepi penumpang usai lebaran atau H+1 Hari Raya Idul Fitri 1441 H. ANTARA/Sukarli/am.

Kalau armada untuk AKDP ada di terminal, tapi cuma parkir saja, tidak beroperasi juga, sebab tidak ada penumpang
Banjarmasin (ANTARA) - Kondisi Terminal Induk Kilometer 6 (KM-6) Banjarmasin terlihat seperti sebelumnya atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah sepi dari pergerakan penumpang dan transportasi umum.

Menurut Kasi Terminal Wilayah 1 UPT Terminal Kilometer 6 (KM-6) Banjarmasin Muhammad Hamdani di Banjarmasin, Senin, kondisi seperti ini sudah sejak 24 April 2020 atau sejak awal Ramadhan 1441 hijriah lantaran terjadinya wabah Virus Corona baru atau COVID-19.

"Memang semua operasional angkutan umum dihentikan sementara, karena adanya larangan mudik lebaran dari pemerintah akibat mewabahnya COVID-19," ucapnya.

Seperti bus Antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Banjarmasin-Samarinda (Kaltim) atau Banjarmasin-Palangkaraya atau Sampit (Kalteng) dan jurusan lainnya memang sudah menghentikan operasional sejak 24 April 2020.

"Kita tidak memerintahkan menutup atau hentikan operasional, tapi dari pihak bus sendiri yang tidak memutuskan tidak operasional sementara," terang Muhammad Hamdani.

Baca juga: H-1 Lebaran di kota ini sepi, banyak angkutan tanpa penumpang

Sementara itu untuk jurusan antarkota dalam provinsi (AKDP) baik jurusan Banua Enam dan jurusan Tanah Bumbu serta Kotabaru tidak beroperasi karena ketiadaan penumpang.

"Kalau armada untuk AKDP ada di terminal, tapi cuma parkir saja, tidak beroperasi juga, sebab tidak ada penumpang," bebernya.

Dia memastikan tidak ada pergerakan mudik di terminal milik pemerintah provinsi itu karena pengawasan diperketat.

"Ada posko kepolisian di terminal, ini untuk memastikan kepatuhan tidak ada yang mudik lebaran lewat terminal," tegasnya.

Muhammad Hamdani tidak bisa memastikan kapan Terminal KM-6 akan kembali beroperasi seperti biasa, karena semua akan mengikuti instruksi pusat, terkait penanganan penyebaran COVID-19.

"Ya, kita tunggu saja kebijakan dari pemerintah pusat, sekarang kita menjalankan aturan yang ada, tidak boleh ada pergerakan mudik penumpang dari terminal," bebernya.

Terminal KM-6 setiap tahunnya memberangkatkan puluhan ribu penumpang mudik hingga harus balik baik jurusan AKAP untuk ke wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Aktivitas pemudik Lebaran di Terminal Bus Mandala Lebak sepi

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Terminal Pulo Gebang sepi penumpang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar