Jakarta (ANTARA News) - Kobaran api yang melanda kawasan padat penduduk di Jalan Mangga Besar 13 RT 2, 4, dan 5/5 Kelurahan Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, berhasil dijinakkan sekitar pukul 19:15 WIB.

Akibat kebakaran tersebut, setidaknya 49 rumah warga habis dilalap api sedangkan jumlah korban dan kerugian material belum bisa diketahui.

"Sebelumnya ada sekitar 20 mobil pemadam kemudian ada penambahan 15 mobil kebakaran dari Sudin Kebakaran Jakarta Pusat dan Sudin Kebakaran Jakarta Utara yang dikerahkan untuk membantu mengatasi kebakaran ini," ujar Kepala Dinas Damkar dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta Paimin Napitupulu di lokasi kejadian, Rabu (19/8).

Paimin Napitupulu mengatakan, sebelumnya informasi dari petugas, kebakaran terjadi di Mangga Besar 8 RT 5/5, tapi setelah dicek lagi ternyata kebakaran di Mangga Besar 13 RT 2,4,5/5.

"Sedangkan penyebab kebakaran yang berlangsung sejak 17:30 WIB itu diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Kebakaran ini memang sulit diatasi karena lokasi berada di gang yang sempit dan rumah berdempetan yang memudahkan rambatan api," katanya.

Menurut Andi Setiadi, Ketua RT 5/5, saat ini suasana di lokasi masih gelap gulita, sementara sejumlah warga berupaya mendirikan dapur umum yang akan dibangun di Kantor Sekretariat RW 05.

Andi menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang melalap 49 rumah ini.

Menurut dia, api bermula dari hubungan arus pendek di rumah Abdulrahman (35) warga RT 5/5.

Untuk sementara warga yang rumahnya hangus sementara ditampung di Masjid Sariful Hazdhar dan di posko-posko RW sekitar. Warga masih berkerumun di sekitar lokasi kebakaran untuk mencari harta benda yang tersisa.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009