Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih periode 2009-2014 Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan keberhasilan proses transisi kepemimpinan nasional dalam pemilu 2009 menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dapat menjaga proses demokrasi secara berkesinambungan.

"Melalui pemilu kami tunjukkan bahwa masyarakat indonesia telah mampu menjalankan proses demokrasi dan menjadi sebuah proses yang alamiah di sini," kata Yudhoyono saat menyampaikan pidato penerimaan pilpres 2009 dalam bahasa Inggris di arena Pekan Raya Jakarta, Kamis malam.

Yudhoyono yang dalam beberapa bagian pidatonya dibawakan dengan bahasa Inggris sebagai pesan bagi masyarakat internasional mengatakan ia mengucapkan terima kasih pada komunitas internasional yang percaya dan yakin terhadap proses demokrasi di Indonesia yang terus berkembang.

Yudhoyono, yang juga masih menjabat sebagai presiden periode 2004-2009 mengatakan keberhasilan proses demokrasi tersebut tak lepas dari budaya bangsa yang majemuk sehingga terbiasa dengan perbedaan.

"Ini merupakan babak baru sehingga kami bisa menapak masa depan dengan semangat baru. Kami kini siap menghadapi berbagai tantangan. Di masa depan kami akan hadapi tantangan itu dengan berbagai upaya kreatif," tegasnya.

Yudhoyono yang malam itu didampingi oleh wapres terpilih Boediono dan Ani Yudhoyono mengatakan Indonesia mempunyai keyakinan tidak hanya lolos dari krisis namun juga bisa tampil menjadi bangsa yang lebih baik.

Pidato penerimaan yang berlangsung sejak pukul 19:30 WIB hingga 20:00 WIB itu dihadiri oleh hampir semua pimpinan partai koalisi dan juga sejumlah tokoh masyarakat dan simpatisan partai demokrat.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009