Jakarta (ANTARA News) - PT Delta Dunia Property Tbk (DOID) akan mengakuisisi perusahaan kontraktor pertambangan PT Bumi Makmur Mandiri Usaha (BUMA) senilai 550 juta dolar AS.

Siaran pers PT Delta Dunia Property yang diterima ANTARA, Jumat, menyebutkan, transaksi diharapkan akan selesai pada kuartal keempat 2009, setelah mendapat persetujuan pemegang saham dan otoritas regulasi terkait.

PT Delta Dunia Property menunjuk Barclays Capital untuk menjadi penasihat pendanaan sehubungan dengan akuisisi tersebut.

Akuisisi BUMA merupakan bagian dari strategi DOID untuk meningkatkan nilai perusahaan bagi para pemegang saham, menaikkan pendapatan perusahaan melalui landasan bisnis baru di bidang pertambangan dan kontraktor dengan memanfaatkan peluang pasar batubara.

Pada 2009 Indonesia diharapkan menghasilkan batubara sebesar 230 juta ton dan akan terus meningkat hingga 310 juta ton pada 2013. Impor dari negara-negara asia diharapkan akan terus tumbuh sebesar 2,5 persen per tahun sampai 2013.

BUMA merupakan kontraktor pertambangan batubara terbesar kedua di Indonesia. Pada 2008 BUMA menguasai 24 persen pangsa pasar industri kontraktor pertambangan batubara di Indonesia.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009