Mekah, Saudi Arabia (ANTARA News) - Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Mekkah, Saudi Arabia mempersiapkan diri untuk merawat pasien flu babi (H1N1) pada musim haji.

"Kami sudah siapkan kalau kemungkinan merawat pasien flu babi (H1N1)," kata Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan dr Farid Hussein kepada wartawan di Mekkah, Saudi Arabia, Sabtu.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau kesiapan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Mekkah, Saudi Arabia, dalam menerima pasien dari anggota jamaah haji Indonesia pada musim haji mendatang.

Kedatangan Wapres Jusuf Kalla ke BPHI Mekkah tersebut didampingi beberapa anggota DPR antara lain Ali Mochtar Ngabalin, Ferry Mursidan Baldan, serta Hajriyanto Thohari.

Lebih lanjut Farid menjelaskan kesiapan merawat pasien Flu Babi dilakukan dengan menyiapkan ruang isolasi serta tenaga medisnya.

Menurut Farid, BPHI Mekkah yang menempati gedung baru ini setara dengan rumah sakit tipe C di Indonesia.

Farid menjelaskan BPHI ini telah dilengkapi dengan peralatan medis modern. Gedung yang berada di Jl Khalidia 3 ini memiliki 180 tempat tidur dan akan dikelola 33 dokter dan tenaga medis lainnya.

Menurut dr Farid , BPHI kali ini menempati gedung baru setelah tempat sebelumnya habis masa sewanya.

"Ini gedung baru dan baru kita sewa tahun ini," kata dr Farid.

Gedung dengan sembilan lantai tersebut disewa selama lima tahun dengan harga sewa seharga Rp12 miliar per tahun.

Farid menjelaskan gedung BPHI ini memiliki luas 6.200 meter persegi dengan fasilitas parkir di bawah tanah.

Setiap kamar terdiri atas dua tempat tidur dengan fasilitas alat pendingin ruangan dan televisi serta kamar mandi di dalam setiap kamar.

Farid mengatakan gedung BPHI ini sebenarnya gedung yang dipersiapkan untuk hotel.

"Kita harapkan gedung ini sunyi dari pasien jamaah haji kita," kata Farid.

Data Depag menyebutkan pada musim haji 2006 terdapat 664 jamaah haji Indonesia yang meninggal. Pada tahun 2007 terdapat 462 jamaah meninggal. Dan tahun 2008, terdapat 446 jamaah haji yang meninggal.

Wapres Jusuf Kalla mengaku senang BPHI  lebih baik dari  sebelumnya.Kunjungan ke BPHI Mekkah ini merupakan salah satu rangkaian dari kunjungan Wapres selama enam hari ke Mekah dan Madinah.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009