Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Presiden terpilih Republik Indonesia terpilih, diperkirakan akan memilih figur Anas Urbaningrum sebagai Ketua DPR periode 2009-2014 dari lima kader terbaik Demokrat yang menjadi kandidat.

Sosiolog Musni Umar di Jakarta, Minggu, memprediksi pilihan Yudhoyono pada Anas Urbaningrum dengan pertimbangan sebagai tokoh muda yang cerdas, tenang, dan elegan, sehingga diharapkan dapat mempertahankan dominasi perolehan suara Demokrat pada Pemilu 2014.

"Meskipun saya memprediksi Anas Urbaningrum memiliki peluang besar, tapi tidak tertutup kemungkinan terhadap empat kandidat lainnya akan dipilih oleh Pak Yudhoyono," kata Musni Umar.

Keempat kandidat calon ketua DPR dari Partai Demokrat yakni, Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Taufik Effendi, Sekjen DPP Partai Demokrat Marzuki Ali, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Syarief Hassan dan anggota Dewan Pembina DPP Partai Demokrat Hayono Isman.

Sedangkan Anas Urbaningrum saat ini menduduki jabatan Ketua DPP Partai Demokrat.

Dikatakannya, Partai Demokrat yang baru dua kali menjadi peserta Pemilu 2009 tetapi sudah mendominasi perolehan suara pada pemilu legislatif.

Bahkan, Partai Demokrat pada Pemilu 2009 memperoleh suara tertinggi yang mengalahkan dua partai besar yakni Partai Golkar dan PDI Perjuangan.

Menurut doktor lulusan Malaysia ini, keunggulan Partai Demokrat tidak terlepas dari kharisma pendirinya yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebagai pendiri dan ketua dewan pembina, kata dia, tentu Yudhoyono menginginkan agar Demokrat terus menjadi partai besar dan mendominasi perolehan suara pada pemilu legislatif, bukannya menjadi partai yang mengecil karena pergantian figur pemimpinnya.

Untuk mempertahankan perolehan suara tersebut, kata dia, ia membutuhkan figur muda yang cerdas, tenang, elegan, dan disukai masyarakat.

Pertimbangan lainnya, kata dia, karena pola pikir mayoritas masyarakat Indonesia masih sederhana yang memandang figur sebagai faktor paling menentukan dalam memilih sebuah partai.

"Pilihan tersebut ada pada figur Anas Urbaningrum yang banyak disukai masyarakat," katanya.

Namun peluang tersebut, kata dia, tetap terbuka pada empat kandidat lainnya, yakni Syarif Hasan yang memiliki prestasi baik sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR periode 2004-2009.

Kemampuannya melobi fraksi lainnya di DPR dalam koalisi parpol pendukung pemerintah telah memuluskan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Tiga kandidat lainnya juga, kata dia, memiliki kelebihan tersendiri.

Sebelumnya, Ketua DPP PD Achmad Mubarok mengatakan, DPP Partai Demokrat akan melakukan seleksi untuk memilih tiga dari lima kandidat tersebut untuk diusulkan pada Ketua Dewan Pembina Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Seleksi dilakukan oleh Tim Sembilan yang dibentuk DPP Partai Demokrat dengan kriteria antara lain, berpengalaman, memiliki kemampuan, dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Menurut dia, seleksi dilakukan dengan sistem skor dan figur yang memperoleh skor tertinggi sampai ketiga akan diusulkan kepada Yudhoyono untuk dipilih.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009