Valencia (ANTARA News/Reuters) - Suzuka akan menjadi tuan rumah Grand Prix Jepang tahun depan dan tahun 2011, kata pengelola sirkuit milik Honda itu, Minggu, setelah pertemuan dengan pimpinan Formula Satu Bernie Ecclestone.

Lomba tahun depan semula dijadwalkan akan diselenggarakan oleh Fuji Toyota berdasarkan kesepakatan sebagai sirkuit alternatif. Namun rencana tersebut menjadi tanda tanya setelah sirkuit itu melepas haknya sebagai penyelenggara karena krisis global.

Suzuka juga menjadi tempat lomba musim ini pada awal Oktober namun, menyusul keputusan mendadak Honda mengundurkan diri dari Formula Satu akhir tahun lalu, rencana menjadi belum pasti bisa mengisi gap tersebut sebelum lomba berikutnya yang sudah dikontrak pada 2011.

"Kami senang sirkuit Suzuka kini akan mengamankan satu dari event-event nasional paling penting dengan menjadi tuan rumah GP Jepang untuk masa tiga tahun ke depan," kata Hiroshi Oshima, presiden Mobilityland Corporation, operator sirkuit milik Honda itu dalam suatu pernyataan.

Rincian dari kontrak tersebut, yang ditandatangani di samping bus Ecclestone di "paddock" GP Eropa dihadapan sejumlah wartawan dan fotografer serta ditutup dengan jabat tangan resmi, masih dirahasiakan.

"Saya telah dan akan tetap melakukan apapun untuk membuat GP Jepang sukses," kata Ecclestone.

Ia mengatakan, penempatan Valencia dalam kalender GP juga aman, meskipun kecewa pada penjualan tiket tahun ini dan debut yang tumpul pada 2008. Ketika ditanya apakah GP tahun ini akan berlanjut, ia menjawab, "Pasti, 100 persen."

Pembicaraan dengan Argentina juga tetap dilanjutkan untuk kemungkinan kembali ke Buenos Aires.

"Mereka telah meletakkan segalanya bersama, jadi kami tahu apakah ini sebuah lomba jalanan atau sebuah sirkuit baru, atau apa pun," katanya.

"Kami sedang melakukan pembicaraan dan saya berharap kami memperoleh sesuatu jadi kita dapat kembali ke Argentina," katanya.

Lomba balap Formula Satu terakhir di negara tersebut berlangsung pada 1998.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009