Samarinda (ANTARA News) - Tim Persisam putra tetap menerapkan program latihan kepada para pemainnya, meskipun latihan sempat diliburkan selama tiga hari mulai 22-24 Agustus menjelang awal puasa Ramadhan.

"Latihan tetap jalan karena memang jadwal kompetisi juga sudah mepet, namun untuk menghormati pemain yang puasa kami memberikan libur selama tiga hari kepada pemain untuk istirahat," kata pelatih Persisam putra, Aji Santoso, dihubungi di Batu Malang, Minggu.

Ia mengatakan setelah libur tiga hari usai, program latihan yang saat ini dipusatkan di batu Malang, Jawa Timur kembali dilaksanakan, dengan program dan jadwal baru yang disesuaikan dengan kondisi bulan puasa.

"Bukan latihan berat, yang ringan-ringan saja, karena kita cuma latihan sore saja, paginya saya bebaskan buat pemain istirahat," tambahnya.

Namun, dikatakan Aji kebijakan ini khusus untuk pemainnya yang berpuasa. Adapun pemain yang non Muslim, kata Aji, tidak mendapatkan pengurangan porsi latihann dan tetap dilaksanakan sore hari.

"Bagi mereka yang non Muslim porsi latihannya tetap, tapi juga semuanya dilaksanakan sore dan tidak ada yang pagi," tambahnya.

Jika sebelum puasa ia banyak memberikan porsi latihan fisik, mulai besok Aji akan memberikan latihan teknik dan strategi. Latihan teknik menurut Aji untuk mengasah skill pemainnya, seperti passing, dribling dan finishing.

"Latihan teknik seperti passing, dribiling dan finishing. Sedangkan latihan strategi untuk memberikan pemahaman kepada para pemain tentang skema bermain yang saya pakai," terangnya.

Aji menilai fisik para pemainnya banyak mengalami perkembangan. Sebab selama ini ia sengaja memberikan porsi latihan fisik kepada Fagundez dkk, seperti lari naik turun bukit.

"Fisik tidak ada masalah, sudah bagus. Karena itu besok kita mulai teknik," ujarnya.

Menurut dia, Persisam sendiri akan mengakhiri latihan di Batu Malang pada tiga hari sebelum Lebaran. Namun sebelum kembali ke Samarinda Aji merencanakan uji coba timnya sebanyak 4-5 kali di Jawa Timur. Salah satu tim yang ia incar adalah Persema Malang, tim promosi yang saat ini juga sedang berbenah menyiapkan tim menghadapi Indonesia Super League (ISL) 2009/2010.

"Saya agendakan minimal 4-5 kali ujicoba di Malang, salah satunya lawan Persema," kata Aji.

Menurut Aji, dipilihnya berujicoba menghadapi Persema karena Persema dinilainya tim yang saat ini punya kualitas pemain yang tidak jauh berbeda dengan Persisam.

"Saya pilih Persema karena Persema saat ini salah satu tim kuat yang sedang mempersiapkan diri mengikuti ISL, seperti kitalah," kata mantan Pelatih PON Jawa Timur pada PON XVII Kaltim 2008 lalu ini.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009