Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Harjduno Wiwoho berharap pemerintah memberi peluang lebih luas bagi produsen jamu di dalam negeri untuk ikut berkontribusi di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berharap ada perlindungan dari pemerintah untuk menghadapi serbuan jamu luar negeri apalagi di saat pandemi sekarang," kata Harjduno dalam siaran pers, Kamis, terkait audiensi dengan Wakil Ketua DPR RI M Azis Syamsudin.

Harjduno menjelaskan, pertemuannya dengan DPR RI agar dapat memberikan dukungan terhadap industri jamu di dalam negeri dalam perannya menyediakan obat herbal untuk meningkatkan imun tubuh menghadapi wabah COVID-19.

Harjduno menyampaikan audiensi juga dihadiri Ketua Tim Advokasi Kesehatan dr Hiru, Sekretaris Umum HMS Center Darma Alwi, Ketua OKK HMS Center Fitriyadi dan Ketua Bidang Hukum HMS Center Rahmat Hijjir.

Menurut Hardjuno, jamu merupakan warisan budaya bangsa yang sudah digunakan secara turun menurun. Karena itu, keberadaan industri jamu lokal ini harus dijaga agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Negara Indonesia memiliki keunggulan dengan ribuan jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar jamu. Ini kekayaan yang harus dijaga," ujarnya.

Baca juga: HMS Center: Larangan mudik harus tegas untuk cegah COVID-19
Baca juga: HMS Center minta pemerintah tidak buru-buru longgarkan PSBB


Dari sisi perekonomian, industri jamu telah berkontribusi sangat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.Apalagi, bahan baku yang digunakan juga merupakan produk dalam negeri.

Hal ini mampu membawa multiplier effect yang cukup signifikan dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia mulai dari sektor hulu (pertanian) hingga sektor hilir yang meliputi perindustrian dan perdagangan.

"Saya meyakini, industri jamu ini penggerak pencipta lapangan kerja dan penurun angka kemiskinan dan atas dasar kearifan lokal," tuturnya.

Wakil Ketua DPR RI M Azis Syamsuddin memberi apresiasi atas kerja keras HMS Center yang berada di garda terdepan bersama masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Azis berharap dengan perjuangan HMS melalui produk obat herbal bisa meningkatkan imunitas masyarakat menghadapi COVID-19. Azis juga mengajak masyarakat agar disiplin menaati imbauan dan aturan pemerintah.

"Mengajak masyarakat untuk disiplin, menjaga kebersihan. Di samping itu juga program-program pemerintah kita dukung untuk menjaga jarak, sehingga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020