Surabaya (ANTARA News) - Telkomsel memprediksi trafik komunikasi untuk pengiriman layanan pesan singkat (SMS) dan panggilan (voice) meningkat 150 hingga 200 persen selama Ramadhan hingga menjelang Lebaran mendatang.

General Manager Network Operation Telkomsel Regional Jawa Timur Malemta Sitepu di Surabaya, Selasa mengatakan lonjakan trafik komunikasi saat Ramadhan dan Lebaran selalu terjadi, dan angkanya terus meningkat seiring bertambahnya pelanggan.

"Kami telah mengantisipasi hal itu dengan menyediakan `Visitor Location Register` (VLR) sebesar 10 juta dengan kelonggaran daya tampung 77 persen yang mampu menangani kebutuhan komunikasi hingga 16 juta pelanggan lebih," katanya.

Didampingi Vice President Telkomsel Area Jawa Bali Gilang Prasetya, ia menjelaskan pihaknya juga meningkatkan kapasitas untuk melayani 8.050 SMS per detik atau 695 juta SMS per hari.

Sementara itu, untuk layanan panggilan (voice), kapasitas kanal yang disediakan mampu menangani 3,56 juta Erlang.

Menurut Malemta Sitepu, sebanyak 2.731 BTS, termasuk 600 Node-B (BTS 3G) akan mendukung kenyamanan komunikasi pelanggan di seluruh kecamatan di wilayah Jawa Timur.

"Sampai akhir tahun ini kami berencana menambah sebanyak 249 BTS, termasuk 84 Node-B," katanya.

Gilang Prasetya menambahkan tingkat kesuksesan layanan komunikasi selama bulan Ramadhan dan Lebaran mencapai 98,58 persen.

"Kami sudah belajar dari pengalaman sebelumnya, dan menjamin layanan komunikasi pelanggan tetap prima," katanya.

Ia mengatakan kesiapan elemen jaringan seperti short message service center (SMSC), base transceiver station (BTS), mobile switching center (MSC) dan intellegent network (IN) sudah kami periksa, dan siap melayani pelanggan yang akan mudik Lebaran.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009