Madrid,(ANTARA News) - Uang memang tidak selalu menjamin kesuksesan, tapi jelas uang bisa banyak membantu dan Real Madrid berharap koleksi mahal bintang terbaru (Galacticos) siap mengatasi pasukan Barcelona yang dikomandoi pelatih Pep Guardiola.

Real Madrid memang menghadapi tugas berat karena Barcelona, musuh kebuyutan mereka itu sedang berada dalam rasa percaya diri tinggi menyusul sukses mencatat sejarah dengan meraup tiga gelar juara sekaligus (treble), demikian dikutip dari AFP.

Pada musim tahun lalu, Real Madrid memang kalah pamor dibanding Barcelona yang mempunyai kekuatan lengkap.

Satu-satunya jalan untuk menjawab tantangan tersebut tidak lain melalui jalan pintas, yaitu merekrut pelatih baru serta merombak hampir seluruh tim dengan biaya total lebih dari 250 juta ero.

Pelatih baru yang diharapkan bisa mendongkrak prestasi Real Madrid adalah Manuel Pellegrini asal Villareal. Pellegrini akan didukung oleh sederet pemain bintang, diantaranya Cristiano Ronaldo, Kaka, Xabi Alonso, Karim Benzema, serta Raul Albiol.

Dengan mengeluarkan 163 juta ero (233 juta dolar AS) untuk mendapatkan Kaka dari AC Milan serta Ronaldo dari Manchester United yang memecahkan rekor dunia, Real pun bertekad untuk memadamkan sinar Barcelona yang dimotori Lionel Messi.

Bergabungnya Ronaldo, Kaka dan Messi di kompetisi liga utama Spanyol, para penggemar sepak bola bisa secara langsung membanding-bandingkan siapa diantara tiga pemain dunia itu yang benar-benar menjadi terbaik di muka bumi.

"Saya kira kami bisa memenangi turnamen besar dengan tim yang kami punyai seperti sekarang ini," kata Ronaldo.

"Kami juga harus mengakui bahwa Barcelona adalah tim juara, tim hebat dengan pelatih hebat," katanya.

Zlatan Ibrahimovich, penyerang asal Swedia, yang baru saja direkrut oleh Barcelona dari Inter Milan dengan nilai 98 juta dolar, juga akan mendapat kesempatan untuk membuktikan bahwa ia memang pantas dibeli dengan harga mahal.

"Barcelona telah memenangi segalanya musim lalu, sehingga tekanan berat ada pada Real Madrid karena mereka telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain," kata Ibra.

Barcelona musim kompetisi lalu mencatat sejarah dengan menggondol trofi Liga Champions, Piala Raja serta Liga Spanyol.

Dalam perjalanan ke tangga juara, mereka masing-masing mengalahkan Real Madrid dan Manchester United.

Sementara itu Real Madrid belum meraih satu gelar juara sejak 2002, terutama sejak kepergian para bintang, yaitu Zinedine Zidane, Roberto Carlos dan Luis Figo.

Barcelona yang meraih gelar juara pada 2006 dan 2009, semakin merasakan nikmatnya kemenangan yang diraih di kandang musuh kebuyutan mereka.

Pada awal kompetisi Liga Spanyol yang kembali bergulir, Real Madrid akan menjamu Deportivo La Coruna, Sabtu mendatang, sementara Barcelona akan mengawali perjuangan untuk mempertahankan gelar juara dengan menghadapi Sporting Gijon, Senin.

Diantara klub-klub diluar Real Madrid dan Barcelona yang berpotensi untuk "mengganggu" persaingan kedua tim papan atas tersebut adalah Atletico Madrid, Villareal dan Sevilla.

Atletico Madrid yang dilatih Abel Resino, masih akan mengandalkan Sergio "Kun" Aguero, serta topskor Diego Forlan untuk mengulangi prestasi terbaik mereka pada 1996.

Sementara Villareal yang kehilangan pelatih Pellegrini dan gagal meloloskan diri ke Liga Champions, akan semakin memfokuskan konsentrasi mereka kepada liga domestik.

Sevilla, yang menempati peringkat ketiga pada musim lalu dan merekrut penyerang Alvaro Negredo seharga 15 juta ero, mencanangkan target realistis, yaitu lolos ke Liga Champions.

Pembukaan Liga Spanyol pada Minggu mendatang akan diwarnai pertarungan menarik antara Sevilla dan Valencia, serta penampilan perdana penyerang asal Jepang Shunsuke Nakamura bersama Espanyol. Nakamura sebelumnya bermain untuk Celtic.

Real Zaragoza, Tenerife dan Xeres merupakan tiga pendatang baru di Liga Utama musim kompetisi 2009/2010, dan pertandingan Minggu mendatang juga akan menjadi saat istimewa bagi Xerez, juara divisi dua yang akan mengawali sejarah tampil di Liga Utama untuk pertama kali saat menghadapi Real Mallorca.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009