Jakarta (ANTARA) - Kapten dan pemilik catatan penampilan terbaik sepanjang masa Sevilla Jesus Navas akan meninggalkan klub itu pada akhir musim, demikian diumumkan klub tersebut pada Kamis.

Bek berusia 38 tahun itu memenangi delapan trofi selama dua periode di klub tersebut, yang total mencapai 17 musim di tim tempat ia memulai kariernya.
 


“Navas akan meninggalkan Sevilla pada akhir musim 2023/2024… Sang kapten mengatakan kepada klub, rekan-rekan setimnya, dan staf kepelatihan pada sesi latihan pagi ini,” kata Sevilla dalam pernyataan resminya. Navas memainkan 688 pertandingan untuk Sevilla di semua kompetisi, ia mencatatkan penampilan ke-500nya di Liga Spanyol untuk klub Andalusia itu pada tengah pekan.

Baca juga: Navas dedikasikan sukses juara Sevilla buat Reyes dan Puerta

Pemain Spanyol itu mencetak 39 gol dan memberikan 119 assist saat berseragam Sevilla. Ia memulai kariernya sebagai pemain sayap dan kemudian bermain di posisi bek kanan.

Navas mengoleksi empat gelar Liga Europa, dua Piala Raja, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Super Spanyol bersama Sevilla.

Pada 2013, Navas hengkang ke Manchester City, yang turut dibawanya memenangi gelar Liga Inggris dan dua Piala Liga Inggris, sebelum kemudian kembali ke Sevilla pada 2017.

Pemain Sevilla Jesus Navas beraksi saat pertandingan final Liga Europa kontra Inter Milan di Rhein Energie Stadion, Cologne, Jerman, pada 21 Agustus 2020. Martin Meissner/Pool via REUTERS (REUTERS/POOL)
Baca juga: Sevilla resmi lepas Navas ke Manchester City Navas memenangi lebih banyak trofi dan memainkan lebih banyak pertandingan untuk Sevilla, dibanding pemain mana pun sepanjang sejarah klub.

Bersama timnas Spanyol, Navas turut membawa mereka menjuarai Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012, dan Nations League pada 2023.

Baca juga: Navas pemain pertama juarai Piala Dunia, Euro, dan Nations League

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024