Jakarta (ANTARA) - Jesus Navas mencatatkan namanya dalam sejarah setelah menjadi pemain pertama yang mampu memenangkan Piala Dunia, Euro, dan UEFA Nations League.

Kepastian ini didapat setelah Navas membantu tim nasional Spanyol memenangkan Nations League 2023 setelah menang 5-4 melalui drama adu penalti atas Kroasia di partai final yang dimainkan di Stadion De Kuip, Belanda, Senin WIB.

Kedua tim bermain imbang dengan skor kacamata selama 90 menit dan dua kali tambahan waktu 15 menit. Laga pun dilanjutkan dengan babak adu penalti dan dua penendang Kroasia yaitu Bruno Perkovic dan Lovro Majer gagal melaksanakan tugasnya usai tendangannya ditepis Unai Simon.

Dari kubu Spanyol, hanya Aymeric Laporte yang gagal karena tendangannya membentur mistar gawang.

Dani Carvajal yang menjadi algojo penentu bagi La Furia Roja sukses menaklukkan Dominik Livakovic dan membuat tim yang kini diasuh Luis de la Fuente menjadi kampiun Nations League 2023.


Baca juga: Kalahkan Kroasia lewat adu penalti, Spanyol juara UEFA Nations League

Pada laga itu, Navas menjadi sebelas pertama dan bermain 97 menit sebagai bek kanan sebelum posisinya digantikan oleh Carvajal.

Kesuksesan ini membawa Navas menjadi pemain pertama yang memenangkan tiga piala bergengsi bersama negaranya yaitu Piala Dunia 2010 Afrika Selaran, Euro 2012 Polandia Ukraina, dan Nations League 2023.

Transfermarkt mencatat, pada Piala Dunia 2010, Navas tampil tiga kali selama 178 menit dengan torehan satu assists.

Dua tahun kemudian, pesepak bola yang tahun ini juara Liga Europa 2022/2023 bersama klubnya Sevilla itu kembali mengantarkan negaranya berprestasi menjadi juara dalam gelaran Euro 2012.

Pada kejuaraan itu, Navas tampil tiga kali dengan total 114 menit bermain dan menyumbang satu gol.

Lalu, pada Nations League edisi ketiga tahun ini, Navas tampil dua kali yaitu pada babak semifinal dan final dengan total menit bermain 187 menit.

Baca juga: Rodri: Juara bersama timnas sesuatu yang sangat istimewa
Baca juga: Dalic bangga capaian Kroasia meski kalah di final Nations League

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023