Manchester (ANTARA News) - Manuel Pellegrini mengungkapkan bahwa salah satu tugas barunya sebagai manajer Manchester City adalah mengembangkan bakat muda dan menghemat anggaran belanja pemain yang sangat besar dari klub ini di masa depan.

City yang dibeli Abu Dhabi United Group milik Sheikh Mansour pada 2008, telah menjadi pembelanja tertinggi di Liga Premier beberapa tahun belakangan. mNamun aturan keuangan baru demi keadilan telah dikeluarkan untuk membatasi klub-klub kaya seperti City berbelanja secara jor-joran.

Pellegrini yang Rabu kemarin berbicara kepada media untuk pertama kalinya sejak ditunjuk sebagai pengganti Roberto Mancini, sepertinya akan mewujudkan kebijakan itu dalam jangka panjang.

"Kami sekarang harus memiliki gaya berbeda di klub ini," kata Pellegrini. "Saya maksudkan gaya berbeda adalah dalam cara bagaimana Man City mesti bekerja dalam beberapa tahun mendatang.

"Adalah mustahil setiap tahun membeli tiga, empat, lima pemain mahal. Kami perlu campuran dengan para pemain muda yang bermain sebagus tim inti dan tim U-21.

"Ada banyak hal yang bisa kita tingkatkan. Apa yang telah dikerjakan Roberto Mancini dan para pelatih lain akan kami lanjutkan dan tambahkan dengan hal-hal baru."

Kepala Eksekutif Manchester City Ferran Soriano menginginkan Pellegrini memenangi lima trofi dalam lima tahun mendatang.

Mantan bos Malaga itu tahu dia akan berada di bawah tekanan untuk bersaing mendapatkan segala trofi di semua kejuaraan, namun pelatih asal Chile berusia 59 tahun itu yakin itu adalah hanya salah satu bagian dari mandatnya di  Eastlands.

"Sebagai pelatih tentunya kami selalu ingin segera sukses," sambung dia. "Jika itu akan memberi kami trofi-trofi, sempurnalah, kami punya banyak kesempatan untuk memenangi cara itu. Pada saat bersamaan kami akan bekerja bersama para pemain muda dan kami akan melanjutkan itu."

"Saya di sini tidak hanya demi memenangi trofi --juara Liga Premier, Liga Champions, Piala FA-- saya berada di sini untuk menangani pemain-pemain muda.

"Memenangi trofi memang sangat penting namun saya tak ada di sini hanya untuk itu. Saya akan bertugas penuh di sini bersama Ferran, Txiki Begiristain (direktur olah raga Manchester City), dengan Patrick Vieira (manajer skuad pengembangan), juga bersama dengan para pemain muda."

Pellegrini telah memperkuat skuadnya dengan mendatangkan gelandang Brazil Fernandinho dari Shakhtar Donetsk senilai 30 juta poundsterling (Rp390 miliar) dan pemain sayap Spanyol  Jesus Navas dari Sevilla seharga 15 juta poundsterling (Rp195 miliar).

Manajert City ini memastikan bahwa kebangsaan pemain tak akan menjadi masalah utama termasuk untuk membeli pemain asal Inggris.

"Ya, kami perlu pemain-pemain bagus. Pemain Inggris, Argentina, Amerika Selatan yang bagus-bagus. Kami sedang berupaya memiliki pasukan yang kuat di semua posisi," kata Pellegrini seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013