Jakarta (ANTARA News) - Empat ganda campuran termasuk duet baru Muhammad Rijal/Liliyana Natsir yang tampil pada babak utama turnamen Grand Prix Gold Taiwan Terbuka, Rabu (26/8), melenggang ke putaran kedua dalam turnamen berhadiah 170.000 dolar AS itu.

Menurut hasil pertandingan yang disiarkan situs resmi turnamen, Kamis pagi, Rijal/Liliyana yang menjadi unggulan kelima maju ke putaran kedua setelah mengantungi kemenangan 21-6, 21-11 atas pasangan Singapura Terry Yeo/Li Yujia.

Rijal/Liliyana yang tampil dalam turnamen pertama mereka itu selanjutnya bertemu ganda Denmark Mikkel Delbo Larsen/Mie Schjott Kristensen yang menyisihkan pasangan tuan rumah Taiwan Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin 21-18, 21-12.

Dua pasangan pelatnas lainnya, Fran Kurniawan/Pia Zebadiah dan Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dili juga membukukan tempat di babak 16 besar.

Fran/Pia meraih kemenangan atas ganda Korea Ko Sung Hyun/Ha Jung Eun 21-13, 21-19, sedangkan Tantowi/Richi mengungguli pasangan Prancis Sylvain Grosjean/Weny Rahmawati 21-17, 21-17.

Fran/Pia, juara Selandia Baru Terbuka, kembali bertemu pasangan yang mereka kalahkan di final Selandia baru, Yohan Hadikusumo Wiratama/Chau Hoi Wah dari Hong Kong yang menjadi unggulan keempat, kali ini untuk memperebutkan tempat di perempatfinal.

Sementara Tantowi/Richi akan menghadapi pasangan Hong Kong lainnya Hui Wai Ho/Tse Ying Suet yang menyingkirkan rekan senegara mereka Leung Chun Yiu/Ng Ka Shun 21-17, 21-17.

Adapun pasangan non pelatnas, Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa yang pekan lalu menjadi finalis di Macau Terbuka, harus bermain tiga game untuk mengalahkan ganda Korea Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun 23-21, 17-21, 21-10, untuk selanjutnya melawan ganda Korea lainnya, unggulan tujuh Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung.

Pelatnas Cipayung kehilangan dua tunggal putra pada putaran pertama setelah Yoga Pratama dan Nugroho Andi Saputri tersingkir.Yoga kalah dari pemain Thailand Tanongsak Saensonboonsuk 21-21, 13-21, sedang Andi tunduk pada unggulan 14 Hu Yun dari Hong Kong dengan skor 22-20, 13-21, 13-21.

Tunggal putra pelatnas menyisakan Tommy Sugiarto yang menang atas Gurusaidatt Raiah Manuri Venkata 21-19, 21-19 dan bersiap melawan pemain Korea Kim Sa Rang yang menyingkirkan unggulan tujuh Chetan Anand dari India.

Sejumlah ganda pelatnas juga langsung tersisih pada awal turnamen saat semifinalis Macau Terbuka Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan tumbang di tangan pasangan Taiwan Chen Hong Ling/Lin Yu Lang 9-21, 15-21, begitu pula pasangan Fernando Kurniawan/Lingga Lie.

Pada ganda putri, duet Pia Zebadiah/Richi Puspita Dili juga tersisih sehingga menyisakan juara Selandia Baru, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni di putaran kedua turnamen tersebut. (*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009