Jakarta (ANTARA News) - Satu-satunya pemain tunggal pelatnas yang tersisa pada turnamen Grand Prix Gold Taiwan Terbuka Tommy Sugiarto maju ke babak perempatfinal untuk bertemu pemain Vietnam Nguyen Tien Minh.

Tommy maju ke babak delapan besar dengan menyisihkan unggulan 13 dari India Kashyap Parupalli 21-8, 23-21.

Pada perempatfinal ia menantang unggulan ketiga Tien Minh yang menang atas pemain Thailand Tanongsak Saensomboonsuk 16-21, 21-18, 21-7.

Tien Minh, juara Thailand Terbuka Grand Prix Gold 2009, adalah pemain yang pernah mengalahkan sejumlah pemain papan atas antara lain Taufik Hidayat di Filipina Terbuka 2007 dan Lee Chong Wei di Singapura Super Series 2009.

Tommy mengatakan, pertemuan di perempatfinal Taiwan akan menjadi ajang membalas kekalahan yang pernah dialaminya dari Tien Minh.

"Saya pernah dikalahkan dia, tetapi sudah lupa dalam turnamen apa. Doakan saja besok bisa membalas kekalahan itu," kata putra mantan juara dunia Icuk Sugiarto itu.

Keberhasilan mencapai perempatfinal di Taiwan adalah pencapaian terbaik Tommy sejak ia tersingkir di babak kualifikasi Indonesia terbuka Super Series dan terhenti di babak kedua Filipina Terbuka.

Selain Tommy, tiga tunggal putra non pelatnas juga maju ke perempatfinal turnamen berhadiah 170.000 dolar tersebut.

Juara Olimpiade Athena Taufik Hidayat yang menjadi unggulan pertama bertemu pemain asal PB Djarum Dionysius Hayom Rumbaka untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Adapun pemain PB Djarum lainnya, unggulan delapan Andre Kurniawan yang menang atas pemain bukan unggulan asal India Ajay Jayaram 21-17, 13-21, 21-12, selanjutnya akan melawan pebulutangkis Malaysia Mohd Hafiz Hashim yang menyingkirkan unggulan kedua Park Sung Hwan dari Korea dengan kemenangan 21-15, 21-18.

Pada bagian putri, Maria febe Kusumastuti menjadi satu-satunya wakil Indonesia di perempatfinal setelah pemain PB Djarum itu menang atas pemain tuan rumah Hung Shin Han 21-13, 21-16. Ia selanjutnya bertemu pemain Taiwan lainnya Cheng Shao Chieh.

Selain Tommy, Pelatnas Cipayung yang masih tersisa di perempatfinal adalah dua ganda campuran, Muhammad Rijal/Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dili.

Liliyana yang dicoba dipasangkan dengan Rijal menyusul penurunan prestasi bersama pasangan sebelumnya Nova Widianto, maju ke delapan besar setelah tanpa kesulitan meraih kemenangan 21-10, 21-12 atas pasangan Denmark Mikkel Delbo Larsen/Mie Schjott Kristensen. Pada babak berikutnya mereka akan melawan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Sedangkan Tantowi/Richi akan bertemu ganda Korea Han Sang Hoon/Jang Ye Na pada perempatfinal setelah menyingkirkan Hui Wai Ho/Tse Ying Suet dari Hong Kong 21-16, 21-16.

Sementara itu, mantan pemain pelatnas Hendra Aprida Gunawan meraih dua tempat di babak delapan besar setelah membukukan kemenangan atas Rasmus Bonde/Mikkel Delbo Larsen 21-18, 21-12 pada ganda putra bersama Alvent Yulianto, dan menang atas unggulan tujuh Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung 21-17, 21-19 bersama Vita Marissa di ganda campuran.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009