Kupang (ANTARA News) - Wilayah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya diguncang gempa dengan kekuatan 6,9 skala richter (SR) pada Jumat (28/8) pukul 9.51.17.00, WITA, lokasi 7.37 LS - 123.50 BT dengan kedalaman 670 Km namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Pusat gempa berada di laut 234 km Tenggara Bau-bau dan getarannya turut dirasakan di Waingapu Kabupaten Sumba Timur dan Ende Kabupaten Ende," kata Koordinator Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang, Hariyanto, di Kupang, Jumat.

Ia mengatakan, efek getaran dirasakan Kota Kupang, Waigapu dan Ende dan Namlea serta wilayah sekitarnya. "Efek Getarannya dirasakan (MMI) di III Kupang, III Namlea," katanya

Sedangkan kata Hariyanto, efek gempa lebih dirasakan di Karangkates (II-III), Makasar (II) dan Bali (II). "Kita bersyukur karena efeknya tidak mencapai IV hingga VI, sehingga tidak menimbulkan kerusakan fisik banguinan atau korban jiwa," katanya.

Seperti disaksikan sejumlah warga berhamburan ke luar rumah ketika gempa tersebut mengguncang Kota Kupang. Namun 30 menit kemudian warga berangsur-angsur kembali memasuki rumah masing-masing.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009