New Delhi (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) menyatakan kontak radio dengan pesawat sinar surya pertama India, Chandrayaan-1, tiba-tiba terputus, Sabtu pagi.

"Kontak terputus pukul 01:30 waktu standard India, IST (03:00 WIB), saat jaringan kerja antariksa mendalam (DSN) di Byalalu, sekitar 40 kilometer dari Bangalore, menerima data dari pesawat sinar surya tersebut selama orbit sebelumnya sampai pukul 00:25 IST," kata ISRO dalam satu pernyataan yang dikeluarkan di markasnya di Bangalore, India selatan.

"Pesawat antariksa itu telah menyelesaikan 312 hari di orbit, dan direncanakan melakukan 3.400 orbit mengelilingi bulan serta memberi banyak volume data dari sensor canggih seperti kamera pemetaan permukaan tanah, pencitraan hiper-spektral, pemetaan mineralogi bulan dan lain-lain, mencapai sebagian besar sasaran ilmiah misinya," demikian antara lain isi pernyataan tersebut.

Para ilmuwan antariksa, katanya, sedang mengkaji data telemetri untuk menganalisis kesehatan sus-sistem pesawat antariksa itu.

Chandrayaan-1 diluncurkan pada 22 Oktober 2008 dari pusat antariksa Sriharikota, 90 kilometer dari Chennai, India selatan, dengan menggunakan kendaraan peluncur satelit kutub.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009