Saham China ditutup menguat, lanjutkan keuntungan akhir pekan lalu

Saham China ditutup menguat, lanjutkan keuntungan akhir pekan lalu

Seorang pria melihat panel monitor yang menampilkan Indeks Bursa Saham Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu.

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin, melanjutkan keuntungan akhir pekan lalu ditopang tanda-tana pemulihan kegiatan ekonomi di seluruh negeri setelah pandemi COVID-19. Indikator utama Indeks Komposit Shanghai terangkat 2,21 persen menjadi ditutup pada 2.915,43 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir 3,31 persen lebih tinggi pada 11.102,15 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 761,59 miliar yuan (sekitar 106,79 miliar dolar AS), melonjak dari 572,3 miliar yuan (sekitar 80,3 miliar dolar AS) pada hari perdagangan akhir pekan lalu.

Tidak ada sektor di kedua bursa yang mengalami kerugian pada Senin, dengan perusahaan-perusahaan di sektor elektronik konsumen, sekuritas dan semikonduktor memimpin kenaikan.

Di antara pencetak keuntungan terbesar, perusahaan pialang BOC International (China) Co, Ltd melonjak pada batas harian 10 persen menjadi berakhir di 22,61 yuan per saham.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, melonjak 3,43 persen menjadi ditutup pada 2.158,22 poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar