Radom, Polandia (ANTARA News/Reuters) - Dua pilot Angkatan Udara Belarus tewas Minggu ketika pesawat tempur SU-27 mereka jatuh selama pertunjukan udara pada pameran dirgantara di Polandia tengah, kata polisi.

"Kedua pilot tidak berhasil meloncat dengan selamat dan tewas dalam kecelakaan itu namun tidak ada korban lain," kata jurubicara kepolisian Agnieszka Humelusz di Radom, sebuah kota sekitar 100 kilometer sebelah selatan Warsawa, ibukota Polandia, kepada Reuters.

Saksi mata Leszek Kopec mengatakan kepada Reuters melalui telefon, "Pesawat SU-27 itu jatuh jauh di luar daerah penonton beberapa menit setelah memulai pertunjukan udaranya."

Saluran-saluran berita Polandia menunjukkan pesawat besar itu melakukan tiga pertunjukan udara dan kemudian menukik seolah-olah akan mendarat. Pesawat itu kemudian lenyap dari pandangan di luar deretan pepohonan dan meledak, mengirim asap tebal hitam ke angkasa.

"Pesawat itu jatuh 100 meter dari bangunan-bangunan di desa Naleczyn di daerah pinggiran Radom," kata televisi TVN24.

Dua pilot dari Kelompok Pertunjukan Udara Zelazny Polandia tewas di Radom pada pameran dirgantara 2007 ketika pesawat mereka bertabrakan di udara selama pertunjukan.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009