Liga 1 Indonesia

Igbonefo pertanyakan urgensi turnamen ketimbang kompetisi

Igbonefo pertanyakan urgensi turnamen ketimbang kompetisi

Victor Igbonefo (Instagram) (/)

Pertanyaan aku untuk apa sebenarnya turnamen? Saya percaya semua berharap liga lanjut
Jakarta (ANTARA) - Bek naturalisasi milik Persib Bandung Viktor Igbonefo mempertanyakan urgensi PSSI jika nantinya memutuskan lebih memilih menggelar turnamen ketimbang melanjutkan kompetisi.

"Aku lihat ada beberapa pendapat, salah satunya liga stop kemudian berganti turnamen. Pertanyaan aku untuk apa sebenarnya turnamen? Saya percaya semua berharap liga lanjut," ujar Igbonefo seperti dilansir laman resmi klub di Jakarta, Selasa.

Nasib Liga 1 dan Liga 2 sendiri hingga saat ini masih digodok PSSI setelah ditangguhkan sejak Maret akibat pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Baca juga: Febri Hariyadi bantah rumor didekati klub Thailand

Federasi juga telah meminta usulan dari klub peserta Liga 1 dan Liga 2 yang nantinya akan dibawa ke rapat Komite Eksekutif (Exco) dalam waktu dekat ini.

Sementara di sisi lain, pemerintah berencana menerapkan pedoman hidup new normal (normal baru) atau penyesuaian kebiasaan sehari-hari. Apabila telah diberlakukan, kemungkinan besar sepak bola juga bakal mengikuti langkah tersebut.

Igbonefo berharap apapun keputusan yang diambil PSSI nanti, tidak menghentikan liga dan menggantinya dengan turnamen. Sebab, bakal berpengaruh terhadap berbagai aspek terutama tim nasional sepak bola.

"Jadi, semua berharap liga lanjut mungkin sekitar bulan Agustus," kata dia.

Baca juga: Supardi harap kompetisi Liga 1 bisa kembali bergulir
Baca juga: T.M. Ichsan nyaman bermain bersama Lee Yoo-joon


Pun demikian dengan pelatih Robert Rene Alberts yang menyatakan bahwa kompetisi dan turnamen memiliki perbedaan yang signifikan. Level persaingan di kompetisi dinilai lebih ketat karena memiliki durasi yang panjang, sementara turnamen lebih menguras tenaga dalam waktu singkat.

Robert sendiri mengusulkan agar kompetisi bisa dilanjutkan dengan catatan ketika pandemi sudah mereda disertai penerapan protokol keselamatan yang ketat.

Keberadaan kompetisi, kata dia, akan berpengaruh pada persiapan tim nasional dalam menghadapi even besar yang masuk di kalender FIFA. Jika tak ada penundaan, Timnas U-19 akan bertanding di Piala Asia U-19 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20.

"Ini bukan karena sebuah liga, tapi kami melihat suatu gambar yang lebih besar, seperti kualitas dari tim nasional supaya pemainnya tetap kompetitif ketika bermain lagi Oktober nanti. Kami harus mempersiapkan pemain supaya mereka bisa mewakili Indonesia di AFC," katanya.

Baca juga: Robert Alberts sebut tak pas jika kompetisi diganti turnamen

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemain Persib jalani tes proaktif corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar