Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Mantan Miss California Carrie Prejean dicopot gelarnya oleh penyelenggara kontes kecantikan dengan tuduhan telah salah berkomentar bahwa perkawinan seharusnya hanya antara pria dan wanita, demikian pengacara sang ratu kecantikan, Senin waktu setempat.

Dua bulan sejak pernyataannya yang kontroversial pada ajang pemilhan Miss USA, April, para penyelenggara acara mengeluarkan Prejean dengan alasan dia telah menyalahi kontrak dengan tidak menghadiri acara yang mesti didatanginya.

Pengacara Prejean, Charles LiMandri, menuduh penyelenggara acara telah mendasarkan keputusannya memutus kontrak kliennya kepada undangan yang diterima Prejen untuk event-event yang tidak pernah diharuskan dihadirinya.

"Ada hubungan yang menegang, dan terus memburuk ketika dia memberikan jawaban itu dan dia tidak akan meralat pernyataannya. Itulah alasan yang sebenarnya terjadi," kata LiMandri kepada Reuters.

Prejean, 22, menjadi headline di seluruh dunia manakala dia menyatakan bahwa dia percaya hanya pria dan wanitalah yang seharusnya diizinkan menikah, ketika menjawab pertanyaan seorang bloger selebriti gay dan juri kontes kecantikan.

Dia dinobatkan sebagai runner-up pertama Miss USA. Namun dalam beberapa minggu kemudian, dia mengklaim jawabannya kepada bloger itu telah membuat gelar Miss USA yang disangdangnya dicopot.

Jawaban dia muncul di tengah para pemimpin politik penjuru Amerika Serikat yang sedang mempertimbangkan apakah mengadopsi atau melarang pernikahan gay, dan dia segera menjadi pusat perhatian dalam soal itu.

Prejean mendapat dukungan dari para penentang perkawinan sesama jenis, sebaliknya dikecam oleh mereka yang mendukung perkawinan sesama jenis kelamin itu.

Dia setuju muncul di iklan-iklan untuk menentang hukum negara yang membolehkan pasangan sesama jenis menikah, dan dia menjadi bintang tamu pada program televisi "Fox & Friends," yang umumnya dianggap sebagai tayangan kalangan konservatif di Fox News Channel.

Foto-foto seronok Prejean segera bermunculan di Internet, sementara umpatan-umpatan menyebar bahwa penyelenggara kontes kecantikan telah membantunya membiayai pembesaran payudaranya.

Penyelenggara kontes kecantikan mulanya membela Prejean, namun Juni lalu mereka menanggalkan galar Prejean dengan menuduh dia telah melanggar kontraknya dengan tidak tampil pada acara yang harus dihadirinya.

Kasus hukum Prejean ini dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi Los Angeles. LiMandri mengatakan kliennya telah dirugikan begitu rupa. Pengusaha yang selebritis sekaligus tokoh TV, Donald Trump, yang memiliki yayasan penyelenggara kontes Miss USA dengan mana Miss California USA dikaitkan, tidak termasuk yang diadukan.

Roger Neal, juru bicara kontes ratu kecantikan itu, menolak bersegera mengomentari perkara ini. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009