Bandung (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 7,3 skala richter yang berpusat di baratdaya Tasikmalaya, Jawa Barat, sempat memutuskan sistim komunikasi telepon selular di Bandung dan sekitarnya.

Terputusnya sistim komunikasi tersebut berlangsung antara pukul 15.56 WIB hingga 16.42 WIB, Rabu, akibatnya Sejumlah telepon selular sempat tidak bisa menerima telepon dan sms.

Karena itu, tidak sedikit warga yang mencoba menghbungi sanak keluarga dan rumah mereka sempat tidak bisa nyambung, sehingga kondisi ini menambah panik warga Bandung.

Pesawat dengan menggunakan provider XL dan Indosat beberapa saat pasca gempa tidak bisa melakukan panggilan ataupun SMS, sedangkan Telkomsel tidak bisa melakukan panggilan namun bisa menerima SMS.

Hingga pukul 15.35 WIB, hanya Esia dan flexi yang berhasil melakukan panggilan, menerima panggilan serta SMS.

Selain memutuskan sistim komunikasi dalam wakti singkat, gempa di Bnadung juga sempat memadamkan aliran listrik di beberapa titik di Kota Bandung, seperti di daerah Cicaheum, serta di daerah Kecamatan Katapang, Soreang dan Majalaya Kabupaten Bandung.

Kondisi ini berlangsung selama satu jam pasca Bandung digoyang gempa. Menjelang pukul 17.00 WIB, sistem komunikasi dan listrik kembali normal. Belum diketahui infrastruktur kedua sistim yang menjadi kebutuhan vital manusia itu, mengalami kerusakan akibat gempa.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009