Cianjur (ANTARA News) - Bantuan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berupa kue kering, terigu, gula, dan terigu yang dikemas dalam tas berwarna putih biru, Jumat, tiba di daerah korban gempa Desa Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Cianjur, Jawa Barat.

Selain itu, batuan dari berabagai pihak telah diterima Posko Bencana Alam Desa Pamoyanan dan Cikangkareng.

Sediktinya 2 ton beras diterima pengurus posko dari Partai PDI Perjuangan Jawa Barat, dari Dewan Pembina Partai Demokrat berupa ratusan sembako dan bingkisan.

Bantuan lainnya berupa posko kesehatan di dirikan Dinas Kesehatan Cianjur, Satgana PMI Cianjur, Bagana PDI Perjuangan.

"Fokus kami saat ini adalah kondisi pengungsi karena proses evakuasi sewaktu-waktu bisa dihentikan. Namun pengungsi yang rumahnya rusak harus kita layani," kata Ketua Satgana Ruddy Syahdiar.

Sementara itu, puluhan warga di Kampung Pasir Halang, Cicepuk dan Pasir Huni, yang terpaksa mengungsi di tenda-tenda biru, berharap segera mendapatkan bantuan berupa tenda dan selimut.

Pasalnya sebagian besar warga rumahnya mengalmi rusak berat. Bahkan puluhan diantranya nyaris rata dengan tanah.

"Kami membutuhkan bantuan tenda dari pemerintah dan makanan untuk anak dan balita. Harapan kami dapat segera memeprbaiki rumah dan gempa tidak lagi terjadi," kata Arul.

Hal senada terucap dari mulut Rina (27), hingga saat ini ungkapnya, perhatian tim medis dan bantuan terfokus di posko Desa Pamoyanan. Sedangkan yang mengungsi di luar balai desa terlupakan.

"Harapan kami ada tim medis yang berkeliling ke pengungsi diluar balai desa seperti di Kampug Pasir Halang ini, karena balita kami banyak yang sakit," harapnya.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009