Jakarta (ANTARA News) - Kesetiakawann Sosial Nasional (KSN) EXPO dan Awards 2009 yang diadakan Depsos bekerjasama dengan Proexco di JCC, Jakarta, 22-25 Oktober 2009 ditargetkan menghasilkan transaksi Rp5 miliar dengan pengunjung rata-rata 15.000 orang per hari, kata Ketua Panitia Expo yang juga Sekjen Depsos Chazali H Situmorang.

"Sedangkan KSN EXPO 2008 yang juga diikuti 350 stand kelompok usaha bersama (Kube), koperasi, usaha kecil, mikro (KUKM) menghasilkan transaksi sekitar Rp2,5 miliar dengan rata-rata pengunjung mencapai 5.000 orang per hari," kata Chazali di sela-sela buka puasa bersama dengan jajaran pers di Jakarta, Jumat.

Dengan demikian,  katanya, KSN EXPO 2009 jika dibandingkan dengan KSN EXPO 2008 aka mengalami kenaikan transaksi dua kalipat dari Rp2,5 miliar menjadi Rp5 miliar.

Menurut Chazali, KSN EXPO akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai serta semangan KSN dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pembangunan nasional pada umumnya dan kesejahteraan sosial pada khususnya.

KSN EXPO dan Awards 2009 merupakan tahun ke-2 dimaksudkan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) BUMN, dan program pemberdayaan masyarakat dari dinas terkait.

Acara yang diharapkan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bertemakan "Membangun sinergitas dan semangat kebersamaan untuk memperkuat ketahanan bangsa" dan penyelenggaraan menggandeng Kementerian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Kementerian negara BUMN, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Depdagri, Depkominfo, Forum PKBL BUMN dan CFCD dalam pameran.

Acara tersebut akan diisi seminar seperti Forum Dialog Sinergi Penanggulangan Kemiskinan, Sosialisasi UU kesejahteraan Sosial, sedangkan KSN Awards yaitu pemberian penghargaan yang melaksanakan CSR/PKBL dan pemberdayan masyarakat secara maksimal.

Pameran juga akan diisi pameran produk unggulan nasional binaan dan demo produk hasil karya dari berbagai daerah yang merupakan hasil program pembinaan sosial dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia, seperti batik, handy craft, makanan, aksesoris, fashion, dimana masyarakat umum dapat membelinya dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, juga tersedia konsultasi layanan perbankan dan pengembangan usaha bagi wiraswasta atau UKM yang membutuhkan modal/kredit usaha.

KSN EXPO dan Awards 2009, diikuti sekitar 350 stand peserta dari mitra binaan koperasi dan BUMN, perusahaan swasta, perbankan dan lembaga pembiayaan, LSM, perguruan tinggi, dinas sosial, balai dan panti sosial, pemda, karang taruna, kominitas adat terpencil dan Kube.

Chazali mengharapkan, EXPO 2009 dapat memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat tentang program program kepedulian sosial, serta terwujudnya partisipasi seluruh masyarakat, dunia usaha, pemerintah dan semakin berkembangnya semangat KSN di tengah masyarakat.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009