Xativa, Spanyol (ANTARA News/Reuters) - Pebalap sepeda Slovenia Borut Bozic meraih kemenangan tahapan yang terbaik dalam karirnya dengan menjuarai tahapan keenam sepanjang 176,8-km dalam "Tour of Spain", Jumat.

Pebalap Vacansoleil itu melintasi garis finish mendahului pebalap Amerika Tyler Farrar dan mantan pemimpin balapan sebelumnya Daniele Bennati dari Italia.

Para sprinter itu mendominasi klasemen keseluruhan (overall) dengan pebalap Jerman Andre Greipel di tempat pertama, enam detik di atas Tom Boonen dari Belgia dan sembilan detik di depan Bennati yang berada di urutan ketiga.

"Ini terobosan besar," kata Bozic kepada wartawan. "Kunci kemenangannya adalah berada pada posisi yang baik di belakang Farrar dan Boonen dan kemudian meningkatkan kecepatan pada jarak 250 meter dari garis (finish)."

"Tidak seorang pun mengira saya akan memulai gerakan saya sejauh itu dari garis finish dan saya mampu meraih kemenangan besar dalam karir saya."

Bozic yang berusia 29 tahun mengatakan balap sepeda di Slovenia adalah olahraga minoritas, yang membuat sulit baginya untuk mengukir jalan karirnya.

"Saya baru mengikuti balapan dalam tim kecil dan itu berarti Anda harus berjuang lebih keras dan meraih lebih banyak kemenangan untuk berhasil," katanya.

"Akan tetapi hasil hari ini semestinya membuat beberapa orang duduk tegak dan waspada."

Pada "time trial" sepanjang 30-km, Sabtu, di Valencia tampaknya para pebalap favorit akan memperkuat posisi mereka.

"Tidak terlalu panjang dan cukup datar sehingga tidak akan ada perbedaan besar," kata pembalap sepeda Spanyol Alejandro Valverde.

"Setelah itu kami tidak akan tahu siapa yang menang secara keseluruhan (overall) tetapi ini indikasi pertama siapa yang menjadi pesaing sebenarnya dan siapa yang hanya datang untuk berlomba.

"Di antara pada favorit saya memperkirakan Cadel Evans (Australia) dan Ivan Basso (Italia) akan melakukan yang terbaik, ini jenis `time trial` mereka," tambah Valverde.

Tur akan berakhir pada 20 September di Madrid.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009