New York (ANTARA News) - Hari kesembilan rangkaian turnamen AS Terbuka 2009 diwarnai dengan kejutan berikutnya dengan tumbangnya unggulan kedua tunggal putera, Andi Murray, di tangan unggulan 16, Marin Cilic, di babak keempat.

Sementara itu, petenis `stok lama`, Kim Clijsters, melenggang ke babak semifinal tunggal puteri setelah mengalahkan petenis China unggulan 18, Na Li.

Pada Selasa siang di Arthur Ashe Stadium --salah satu stadion utama di kompleks USTA Billie Jean King Tennis Center, New York-- Cilic meraih kemenangan straight set atas Murray, 7-5, 6-2, dan 6-2.

Dengan kemenangannya itu, Cilic si petenis Kroasia maju ke babak perempatfinal.

Di babak itu, ia telah ditunggu oleh unggulan 6 dari Argentina, Juan Martin Del Potro, yang pada Selasa menang cukup mudah dari petenis Spayol unggulan 24, Juan Carlos Ferrero, dengan skor 6-3, 6-3, dan 6-3.

Petenis unggulan 3, Rafael Nadal (Spanyol) pada Selasa malam akan berebut tiket ke perempat final melawan unggulan 13 dari Perancis, Gael Monfils.

Unggulan 1 Roger Federer (Swiss) dan unggulan 4 Novak Djokovic (Serbia) sebelumnya telah mengantongi tiket untuk perempatfinal setelah masing-masing mengalahkan Tommy Robredo (14) dari Spanyol dan Radek Stepanek (15) dari Ceko.

Petenis puteri berusia 26 tahun Kim Clijsters menjadi petenis pertama yang memastikan diri maju ke babak semifinal.

Di perempatfinal, Clijsters tanpa kesulitan berarti mengalahkan Na Li dua set langsung, 6-2 dan 6-4.

Di babak sebelumnya, Clijsters mengalahkan unggulan 3, Venus Williams.

Kekalahan Murray menambah daftar pemain-pemain unggulan putera dan puteri yang berguguran di babak-babak menjelang perempat final, antara lain unggulan 5 Andy Roddick, unggulan pertama tunggal puteri Dinara Safina, Venus Williams (3), Elena Dementieva (4) dan Jelena Jankovic (5).

Dari 32 pemain unggulan di nomor tunggal puteri, hanya tiga pemain yang masih bertahan hingga babak perempat final, yaitu Serena Williams (2), Caroline Wozniacki (9) dan Flavia Pennetta (10).

Sebagian besar dari pemain unggulan yang gugur tersebut dikalahkan oleh pemain-pemain non-unggulan.

Petenis muda AS, Melanie Oudin, adalah salah satu petenis yang tidak diunggulkan namun berhasil menumbangkan pemain-pemain yang jauh lebih senior dibandingkan dirinya.

Dijuluki si Raksasa Pembunuh, Oudin selama AS Terbuka 2009 ini telah mengalahkan tiga pemain utama Rusia sekaligus, yakni unggulan 4 Elena Dementieva di babak kedua, Maria Sharapova (29) di babak ketiga, dan Nadia Petrova (13) di babak keempat.

Dengan kemenangannya itu, Oudin melaju ke babak perempat final untuk menghadapi unggulan 9 dari Denmark, Caroline Wozniacki.

Ini adalah pertandingan perempat final pertama kalinya bagi Oudin sepanjang sejarah keikutsertaannya dalam turnamen-turnamen grandslam.

Selain Oudin yang akan menghadapi Wozniacki, babak perempat final juga akan mempertandingan pertarungan antara unggulan 2 Serena Williams dan unggulan 10 Flavia Pennetta dari Italia.

Juga akan bertanding dua petenis non-unggulan, yakni Yanina Wickmayer dari Belarus melawan Kateryna Bondarenko dari Ukraina.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009