Jakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyalurkan sebanyak 81 tenda keluarga untuk warga dilanda bencana gempa bumi yang berada di kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Berdasarkan siaran pers dari PMI yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, PMI Cabang Cilacap telah menyerahkan bantuan tersebut ke tiga kecamatan yaitu Kedungreja, Sidareja, dan Cipari.

Ketua Markas PMI Cabang Cilacap Bambang Tujiono menyerahkan bantuan tenda keluarga tersebut kepada Wakil Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji di Kecamatan Kedungreja Cilacap dengan disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo.

Mayoritas tenda didirikan di Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungreja, sebagai lokasi yang paling parah terkena dampak gempa.

Staf Bidang Logistik PMI Cabang Cilacap, Wahyu, mengatakan, tenda tersebut diprioritaskan di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja karena ditemukan terdapat sebanyak 217 rumah yang rusak di tempat tersebut.

Wahyu juga mengatakan, sejak gempa terjadi pada Rabu (2/9), mayoritas pengungsi di tiga kecamatan tersebut mengalami trauma dan takut untuk tidur di dalam rumah.

Sebagian besar tenda keluarga didirikan di lapangan, depan masjid, dan di depan rumah para korban. Setiap tenda keluarga dihuni oleh 1 kepala keluarga (KK) atau sekitar 5 orang.

Selain bantuan tenda, PMI Cabang Cilacap juga telah menyalurkan bantuan berupa 194 peralatan kebersihan, 192 selimut, dan 102 terpal kepada korban gempa di tiga kecamatan tersebut.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009