Hanover, Jerman (ANTARA News/Reuters) - Striker Jerman Miroslav Klose mencetak dua gol dalam waktu 10 menit untuk membantu Jerman mengalahkan Azerbaijan 4-0 pada Rabu dan tetap menempati urutan teratas klasemen Grup Empat babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Klose, pemain pengganti Mario Gomez di babak kedua, melesakkan gol pertamanya itu dari jarak dekat pada menit ke-55, setelah pemain Azerbaijan dikurangi menjadi 10 pemain setelah Samir Abasov mendapatkan kartu kuningnya yang kedua.

Klose menjentikkan dengan cerdik umpan rendah Andreas Beck 10 menit kemudian untuk membuat kedudukan Jerman menjadi 3-0.

Kapten Michael Ballack sebelumnya mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-14 untuk memberi tim tuan rumah itu keunggulan dan Lukas Podolski menambahkan gol keempat Jerman setelah Ballack menandukkan umpan ke arah striker itu pada menit ke-71.

Jerman, yang memimpin grup tersebut dengan selisih satu poin dengan tim posisi kedua Rusia, akan bertandang ke Moskow pada 10 Oktober mendatang, sebelum merampungkan pertandingan kualifikasi mereka dengan melawan Finlandia.

"Kami melakukan awal yang sangat baik selama kira-kira 20 menit tetapi setelah itu saya tidak suka dengan cara kami bermain," ujar pelatih Jerman Joachim Loew. "Kami hanya berlari mengejar mereka setelah unggul 1-0. Saya memberitahu para pemain saya pada waktu turun minum."

Setelah unggul pada babak pertama menyusul strategi menyerang pada awal pertandingan, tim Jerman itu menurunkan pacu serangan mereka, sehingga memberi peluang kepada Azerbaijan, yang diasuh mantan pelatih Jerman Berti Vogts, memberanikan diri untuk melakukan serangan balasan.

Masuknya Klose pada babak kedua mengubah segalanya, ketika ia memompa kecepatan pada permainan mereka. Podolski melengkapi pesta gol Jerman itu pada menit ke-71, setelah mendapat umpan dari Ballack.


Hasil pertandingan

Di Hanover

Jerman 4

Azerbaijan 0

Pencetak gol: Michael Ballack 14pen, Miroslav Klose 55, 65, Lukas

Podolski 71

Babak pertama: 1-0

Kartu Merah: Samir Abasov (Azerbaijan) 50

Wasit: Anastasios Kakos (Yunani)(*)

Pewarta: Ardianus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009