Dua pedagang Pasar Rawa Kerbau positif COVID-19

Dua pedagang Pasar Rawa Kerbau positif COVID-19

Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang wartawan Rakyat Merdeka untuk dilakukan tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 di Graha Pena, Jakarta, Senin (8/6/2020). Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar tes diagnostik cepat bagi insan pers di berbagai media di Ibu Kota dalam upaya penanggulangan penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Pelaksanaan tes usap dilaksanakan terhadap  50 pedagang di Pasar Rawa Kerbau dari hasil pendataan  pihak Kecamatan Cempaka Putih
Jakarta (ANTARA) - Dua orang pedagang dari Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih dipastikan terinfeksi COVID-19 usai menjalani pemeriksaan tes usap atau 'swab test' yang difasilitasi oleh Puskesmas Cempaka Putih.

Baca juga: LKBN Antara gelar tes cepat untuk insan pers

"Hasilnya sudah keluar, dua orang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan 'swab test'," kata Kepala Puskesmas Cempaka Putih Dicky Alsadik saat dikonfirmasi wartawan, Senin.

Baca juga: 1.378 warga Jakarta Utara telah laksanakan rapid test

Pelaksanaan tes usap dilaksanakan terhadap  50 pedagang di Pasar Rawa Kerbau dari hasil pendataan  pihak Kecamatan Cempaka Putih pada pekan lalu.

Dicky mengatakan untuk penanganan dua pedagang itu dilakukan melalui koordinasi dengan kecamatan lain karena keduanya bukan warga asli dari Kecamatan Cempaka Putih.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak camat tempat tinggal mereka. Sekarang mereka sudah dikarantina di rumah masing-masing," kata Dicky.

Baca juga: DKI sudah tes PCR 135 ribu sampel

Lebih lanjut, Puskesmas Cempaka Putih melakukan 'tracing' terkait kegiatan kedua pedagang khususnya interaksi dengan warga lainnya untuk mengecek persebaran COVID-19 dari kedua pedagang itu.

"Kita lacak ini pedagang yang positif sudah interaksi sama siapa aja, kemana saja. Keluarganya, rekan kerjanya juga kami periksa," ujar Dicky.

Untuk diketahui dua kelurahan yang berada di bawah wilayah administrasi Kecamatan Cempaka Putih yaitu Cempaka Putih Timur dan Cempaka Putih Barat masing- masing memiliki angka kasus COVID-19 sebanyak 48 dan 44 kasus.

Untuk memastikan kondisi persebaran COVID-19 di wilayah Cempaka Putih akhirnya pihak Kecamatan berinisiatif melakukan pemeriksaan di fasilitas-fasilitas umum seperti pasar yang tetap ramai meski pembatasan sosial telah diberlakukan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pelanggar PSBB diberi sanksi menyanyikan lagu nasional

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar