Menperin: Produk Indonesia harus jadi tuan rumah di negeri sendiri

Menperin: Produk Indonesia harus jadi tuan rumah di negeri sendiri

Pengunjung melihat produk-produk UMKM yang dijual pada pameran Festival Beli Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/11/2019). Kegiatan yang berlangsung hingga 10 November 2019 tersebut guna menumbuhkan rasa bangga dan pembelaan untuk membeli produk-produk buatan Indonesia. ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.

kue market yang sangat terbatas, sewajarnya kita berikan kepada industri dalam negeri untuk menikmatinya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa produk buatan Indonesia harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, terlebih di tengah situasi perekonomian yang sedang terdampak pandemi COVID-19.

“Semua produksi buatan Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri. Demand (permintaan) yang sedang rendah, artinya kue market yang sangat terbatas, sewajarnya kita berikan kepada industri dalam negeri untuk menikmatinya,” kata Menperin kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Hal itu, lanjut politisi Partai Golongan Karya tersebut, sebagai upaya untuk membantu tumbuhnya permintaan untuk industri nasional.

“Regulasi nya mengarah ke sana, paling tidak sampai kondisi normal kembali, kue market juga normal kembali,” ungkap Menperin.

Namun, lanjut Menperin, pemerintah juga memastikan ketersediaan barang maupun bahan baku yang belum mampu diproduksi di dalam negeri, salah satunya melalui mekanisme impor.

Dalam hal ini, pemerintah tengah melakukan pendataan terkait barang dan bahan baku yang dibutuhkan, namun belum mampu diproduksi industri di dalam negeri.

“Barang-barang yang dibutuhkan pasar yang belum diproduksi di Indonesia, baik itu sebagai bahan baku maupun bahan jadi, harus tetap tersedia walaupun dengan mekanisme impor. Pemerintah sedang mendata,” pungkas Menperin.

Baca juga: Indonesia ekspor karet untuk pabrik ban di Rusia
Baca juga: Kampanye #BanggaBuatanIndonesia dorong naiknya permintaan produk lokal
Baca juga: Presiden Jokowi: Beli produk Indonesia, selamatkan ekonomi kita


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wapres apresiasi produk buatan narapidana

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar