New York (ANTARA News) - Euro melonjak ke nilai ertinggi sembilan bulan tertinggi terhadap dolar pada Senin waktu setempat, didorong oleh perkiraan optimis pertumbuhan Eropa yang mendukung selera terhadap aset beresiko.

Pada Senin malam pukul 21.00 GMT, mata uang tunggal Eropa dikutip pada 1,4619 dolar, naik dari 1,4573 dolar di New York akhir Jumat.

Dolar naik menjadi 90,92 yen dari 90,64 yen pada Jumat di New York. Dolar telah jatuh ke terendah 90,19 yen dalam perdagangan sebelumnya di Asia, sebuah palung yang terakhir terlihat pada pertengahan Februari.

"Ini benar-benar sebuah perpanjangan logis dari terus melemahnya dolar yang kita lihat minggu lalu, dan istirahat tingkat teknikal penting menjaga momentum bergerak pergi," kata Vassili Serebriakov dari Wells Fargo bank.

Euro telah menembus 1,45 dolar minggu lalu untuk pertama kalinya tahun ini.

Di bawah tekanan pada Senin dini hari, unit Eropa melompat ke 1,4652 dalam perdagangan harian, tingkat tertinggi sejak Desember 2008.

"Mentalitas pasar adalah menjual dolar dalam setiap rebound bahwa mereka dapat lihat," kata Serebriakov.

"Itu sebuah pertanyaan dari kepercayaan dalam hal pandangan pasar pada kemampuan AS untuk memecahkan masalah, dan terutama defisit fiskal," tambahnya.

Pembengkakan defisit publik AS, yang diperkirakan akan mencapai 11,2 persen dari produk domestik bruto pada tahun fiskal saat ini berakhir 30 September adalah membebani dolar. Kebijakan tingkat suku bunga Bank Sentral AS atau Federal Reserve berkepanjangan mendekati nol telah menurunkan daya tarik investasi dolar.

Euro mendapat dukungan Senin setelah Komisi Eropa memperbarui prakiraan ekonomi, zona euro dan proyeksi yang lebih luas Uni Eropa akan kembali ke pertumbuhan pada kuartal ketiga.

Namun, komisi meramalkan keluaran atau output 2009 akan menyusut 4,0 persen di blok 16-negara dan 27 negara Uni Eropa.

"Pemulihan sore tidak datang sebagai kejutan - ini masih merupakan pasar yang memiliki banyak sentimen positif, yang terlalu siap untuk lebih tinggi diutamakan daripada kelemahan," kata Phillip Gillet dari IG Index di London.

Dealers mencatat kekhawatiran sengketa perdagangan AS-China, dengan China pada Senin mengajukan keluhan terhadap Amerika Serikat dengan Organisasi Dagang Dunia (WTO) atas apa yang dituduhkan tarif tidak adil yang dikenakan pada ban impor China.

China sebelumnya menanggapi langkah AS yang baru dengan mengumumkan sebuah penyelidikan kemungkinan praktik-praktik yang tidak adil dalam ekspor ayam AS dan bagian mobil.

"Haruskah ketegangan ini meningkat, mereka mengancam akan mengganggu perdagangan dunia, yang akan mempengaruhi pemulihan ekonomi," kata analis Commerzbank Antje Praefcke.

Simon Derrick di Bank of New York Mellon setuju.

"Cepatnya kemunculan sengketa perdagangan baru akhir pekan antara AS dan China adalah pengingat rapuhnya tentang bagaimana hubungan mereka," kata Derrick.

"Sedikit terkejut kemudian kita percaya bahwa perkembangan pada kebijakan mata uang ke depan antara kedua negara dapat menjadi faktor kunci untuk pasar valas sisa tahun ini," katanya.

Pada akhir perdagangan New York, dolar tergelincir ke 1,0342 franc Swiss dari 1,0376 akhir Jumat. Pound turun menjadi 1,6571 dolar dari 1,6671 dolar.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009