Mamuju (ANTARA News) - Jalur Trans Sulawesi di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terputus mengakibatkan ratusan kendaraan yang akan melintasi jalur yang terletak di sebelah barat pulau Sulawesi terlantar

Putusnya jalur Trans Sulawesi di Mejene tersebut diakibatkan rusaknya jembatan di Desa Deking Kecamatan Malunda yang menghubungkan antara Kota Mamuju Provinsi Sulbar dengan Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Jembatan Deking yang terletak sekitar 100 kilometer arah utara Kota Majene dan sekitar 40 kilometer dari Kota Mamuju mulai rusak dan terputus sekitar pukul 17.00 wita Kamis.

Rusaknya jembatan Deking tersebut mengakibatkan para pemudik yang akan melintas di jembatan itu terlantar selama tiga jam, dan terjadi antrian panjang kendaraan sepanjang satu kilometer, hingga pukul 20.00 wita.

"Pemudik yang akan melintas di jembatan Deking itu sempat terlantar selama tiga jam, sebelum jembatan itu diperbaiki oleh warga yang ada di sekitar situ," kata Mustaman salah seorang warga.

Ia mengatakan, setelah diperbaiki oleh warga dengan menggunakan pohon kelapa jembatan itu kembali bisa dilintasi kendaraan, tetapi kembali rusak satu jam sesudahnya.

"Masyarakat saat ini masih berusaha memperbaiki jembatan yang rusak itu dengan peralatan seadanya, agar bisa dilintasi para pemudik yang akan melintas melalui jalur Trans Sulawesi tersebut," ujarnya

Menurut dia, pemerintah setempat juga belum turun tangan terhadap kerusakan jembatan tersebut.

"Kerusakan jembatan ini sudah kesekian kalinya namun tidak pernah diperbaiki secara permanen oleh pemerintah setempat sehingga seringkali mengalami kerusakan," ujarnya.

Sementara itu akibat rusaknya jembatan Deking, lalu lintas kendaraan di jalur Trans Sulawesi dari Kota Majene menuju Kota Mamuju tampak lengang.

Salah seorang petugas dinas perhubungan Kabupaten Mamuju, Ramli yang bertugas di posko mudik lebaran di Terminas Regional Mamuju untuk mengawasi arus mudik lebaran mengatakan, akibat rusaknya jembatan Deking arus kendaraan yang melintas di jalur trans sulawesi menjadi tampak lengang.

Ia mengatakan belum ada kendaraan yang melintas di jalur Trans Sulawesi ini dari arah Kota Mejene yang masuk ke Kota Mamuju hingga pukul 00.00 wita ini.

"Belum ada kendaraan yang melintas di jalur Trans Sulawesi dari Mejene menuju Kota Mamuju ini, mungkin masih terjebak akibat rusaknya jembatan Deking tersebut," ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009