Bogor (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat terobosan guna menumbuhkan animo masyarakat untuk mengunjungi Museum Zoologi Bogor dengan cara menggratiskan tiket masuk bagi mereka yang telah membeli tiket Kebun Raya Bogor (KRB).

Tarif tiket masuk Museum Zoologi Bogor adalah sebesar Rp1.500. Tiket tersebut telah dinyatakan sudah termasuk dalam tiket KRB. Saat ini tarif tiket masuk KRB sebesar Rp10.000. Namun tarif tiket masih diberlakukan seharga Rp1.500 bagi mereka yang datang hanya bertujuan mengunjungi museum.

Kepala Divisi Administrasi KRB Amas, Kamis, mengatakan, pemberlakuan kebijakan "bonus" bagi pengunjung KRB untuk mengunjungi Museum Zoologi secara gratis itu sebagai upaya LIPI dalam menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum.

Kebijakan "bonus" bagi pengunjung KRB untuk masuk Zoologi secara gratis tidak hanya berlaku saat musim libur Lebaran saja, namun berlaku hingga seterusnya.

"Kami berharap pemberlakuan kebijakan ini dapat menumbuhkan animo masyarakat untuk mengunjungi Museum Zoologi," kata Amas.

Museum Zoologi terletak di Jalan Ir Juanda Kota Bogor. Museum ini berada di sebelah kiri pintu masuk utama KRB.

Museum ini didirikan oleh Dr. J.C. Koningsberger pada bulan Agustus 1894. Museum ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia yang memiliki ruang seluas 1.500 m2. Koleksi yang ada dalam museum ini hanyalah sebagian kecil dari koleksi ilmiah spesimen binatang yang disimpan di bidang zoologi yang terletak di Cibinong Science Centre, yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru "balanoptera musculus" yang terbesar di Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009