Karawang (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya terus "mengalir" di jalur Pantura Karawang pada H+4 Lebaran atau Kamis malam.

Pada arus balik Lebaran, para pemudik bersepeda motor yang melintasi jalur Pantura dari arah Cirebon ke Jakarta dan sekitarnya itu tetap melewati simpang Jomin, karena tidak bisa melalui jalur khusus sepeda motor, seperti selama arus mudik lebaran lalu.

Pemudik bersepeda motor yang melintas jalur Pantura dari Cirebon menuju Jakarta itu harus menyeberang jalan arah berlawanan atau jalur dari Jakarta ke Cirebon, untuk melintasi jalur khusus sepeda motor.

"Jalur khusus sepeda motor pada arus balik ini tidak diberlakukan, karena khawatir akan mengganggu arus lalu lintas di sekitar jalur Pantura Cikalongsari, Karawang," kata Kapolwil Purwakarta, Kombes Pol Jodie Rooseto, di Cikampek, Kamis.

Atas hal tersebut, pemudik yang balik ke Jakarta itu tetap melintasi simpang Jomin, kemudian lurus ke arteri Karawang hingga ke Jakarta.

Sesampainya di pertigaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Klari Karawang, petugas mengalihkan pemudik bersepeda motor itu melintasi jalan Bypass Karawang yang tembus ke Tanjungpura.

Sehingga pemudik bersepeda motor itu tidak melintasi daerah perkotaan Karawang.

Sementara itu, para pemudik bersepeda motor dari jalur Purwakarta-Bandung tujuan Jakarta tidak bisa melewati pertigaan Cikopo, karena petugas mengalihkan arus ke kawasan industri Kota Bukit Indah.

Sesampainya di pertigaan Cinangka, bisa belok kiri sampai pertigaan Dawuan atau ketika di pertigaan Cinangka, belok kanan yang tembus di daerah sekitar Cikopo, Cikampek.

Hingga kini, pemudik bersepeda motor masih melintasi jalan arteri Karawang. Sedangkan cuaca di sepanjang jalur sepeda motor itu masih cerah dan belum ada tanda-tanda akan turun hujan.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009