Pittsburgh, (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Jumat menyambut gembira keputusan bersejarah oleh para pemimpin kelompok 20 negara (G20) yang mensahkan pengalihan kuota saham lima persen ke negara-negara yang ekonominya sedang berkembang.

Komunike final pertemuan puncak G20 menegaskan negara-negara terkemuka dunia telah berkomitmen untuk pengalihan porsi kuota saham di IMF ke negara yang pasarnya berkembang minimal lima persen.

"Komitmen G20 hari ini untuk pengalihan kuota saham ke negara berkembang dan yang pasarnya meningkat besarnya minimal lima persen, yang diambil dari negara-negara yang terlalu besar porsi sahamnya dan untuk melindungi kekuatan suara negara-negara miskin di IMF, adalah keputusan yang yang signifikan," kata Direktur Pelaksana IMF Dominique Strauss-Kahn seperti dilaporkan AFP.

"Keputusan bersejarah itu dan kemunculan G20 sebagai forum utama bagi kerja sama ekonomi internasional akan memberikan dasar kemitraan yang lebih baik dalam kebijakan ekonomi global antara negara berkembang dan sedang bangkit dengan negara-negara maju," katanya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009