Purwakarta (ANTARA News) - Arus lalu lintas dari jalur Pantura Karawang menuju gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jabar, Sabtu sore padat, tapi tidak terjadi antrian yang berarti di pintu masuk gerbang Tol Cikampek.

Pantauan ANTARA menunjukkan walaupun terjadi kepadatan kendaraan dari jalur Pantura Karawang hingga simpang Jomin, sampai ke pertigaan Mutiara, ternyata sesampainya di pertigaan Cikopo (beberapa ratus meter menjelang gerbang Tol Cikampek), arus lalu lintas tetap lancar.

Dengan demikian, tidak terlihat adanya antrian kendaraan di setiap pintu masuk, dari tiga pintu masuk gerbang Tol Cikampek yang disediakan pihak gerbang Tol Cikampek selama arus balik lebaran.

Selain disebabkan tingginya volume kendaraan yang melintas dari jalur Pantura Karawang menuju gerbang Tol Cikampek, kepadatan kendaraan hingga arus lalu lintas sempat tersendat itu terjadi akibat aktivitas keluar-masuk kendaraan di sejumlah rumah makan di sisi jalan raya Cikopo.

Sesuai dengan data lalu lintas Gerbang Tol Cikampek, pada Sabtu diperkirakan sebanyak 35.968 kendaraan berbagai jenis akan masuk ke gerbang Tol Cikampek. Sedangkan pada Jumat (25/9) atau H+5 lebaran , tercatat 32.025 kendaraan yang masuk gerbang Tol Cikampek tujuan Jakarta dan sekitarnya.

Jumlah kendaraan yang masuk gerbang Tol Cikampek pada H+5 lebaran itu menurun dibandingkan dengan arus balik lebaran 2008 lalu, pada hari yang sama yang mencapai 35.152 kendaraan.

Untuk kendaraan yang masuk gerbang Tol Kalihurip pada H+5 lebaran mencapai 7.489 kendaraan berbagai jenis atau meningkat dibandingkan dengan arus balik lebaran tahun lalu, pada hari yang sama, sebanyak 4.599 kendaraan berbagai jenis.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009